Dispora Kalsel Gelar Rakor Pembentukkan Pokja IPP

Kadispora Prov. Kalsel, H. Hermansyah, (nomor dua dari kanan), bersama Kepala BPS Prov. Kalsel Mohammad Edy Mahmud, (nomor dua dari kiri) ketika membuka rakor pembentukkan Pokja IPP, di hotel Aria Barito Banjarmasin. Kamis, (08/04/2021), (Foto/mzakir)

Banjarmasin,  mediaprospek.com–Dispora Prov. Kalsel pada hari ini, Kamis, (08/04/2021) menggelar rapat koordinasi (rakor) dan pembentukkan  Kelompok Kerja (Pokja) Indek Pembangunan Pemuda (IPP) di hotel Aria Barito Banjarmasin.

Rakor ini dinilai sebagai langkah yang tepat untuk kemajuan Kalsel terkait peran kepemudaan. Peningkatan nilai IPP menjadi program prioritas bagi Kalsel di tahun-tahun mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Prov. Kalsel), H. Hermansyah, mengatakan, ini merupakan sebuah program yang sangat krusial, pasalnya IPP Kalsel, peringkatnya berada di lima besar paling bawah diseluruh Indonesia.

“Masalah IPP ini akan menjadi keharusan untuk diupayakan agar meningkat,” ujar H. Hermansyah..

Dalam mengupayakannya, tentunya Dispora Kalsel tidak bisa bergerak sendiri, karena ada lima indikator yang menjadi perhatian, misalnya indikator pendidikan, yang harus ditingkatkan oleh Dinas Pendidikan, indikator kesehatan oleh Dinas kesehatan, gender pemberdayaan perempuan dan anak oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) dan Dispora Kalsel sendiri di bidang kepemimpinan kepemudaan.

“Oleh karenanya pada hari ini kita telah mengundang, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Balitbangda, BPPA, Bappeda Prov. Kalsel, dan dinas lainnya, selain itu kita juga akan menggandeng BPS Prov. Kalsel untuk memperdalam pembahasan IPP ini,” ujar H. Hermansyah.

“Dan pada hari ini kita telah berdiskusi dengan pihak BPS, yang selanjutnya, nantinya kita juga akan membentuk lagi forum diskusi-forum diskusi, yang akan membahas lima indikator diatas.

“Dan sebenarnya ketika indek pembangunan manusia (IPM) meningkat seharusnya IPP juga meningkat, namun karena adanya dua indikator tambahan, inilah menjadi perhatian bersama untuk disingkronkan kembali,” jelas H. Hermansyah.

“Kegiatan hari ini merupakan rapat pertama, yang akan distreasing (ditindaklanjuti) lagi pada rapat-rapat selanjutnya, dengan pembahasan yang lebih teknis lagi,” imbuh H. Hermansyah.

“Dan diharapkan dengan upaya-upaya yang telah kita lakukan, dapat mencapai target yang kita harapkan,” tandas H. Hermansyah.

 

Kepala BPS Prov. Kalsel Mohammad Edy Mahmud, salah satu nara sumber yang dihadirkan, dalam paparannya, memberikan data-data dan masukan-masukan, guna meningkatkan peran pemuda di segala bidang. Diharapkannya, dengan progres pembangunan pemuda di Kalsel, akan semakin baik dan fokus dan tentunya ini bernilai positif.

“IPP Kalsel dilihat dari variabelnya, kondisinya terutama di bidang gender dan organisasi inilah yang perlu ditingkatkan, namun, selain itu kalau kita yakin dan fokus terhadap pembangunan ini. Terutama  indikator-indikator dalam program pembangunan yang dilakukan oleh SKPD-SKPD selama ini, perlu ditingkatkan, salah satunya, misalnya peran perempuan dalam pendidikan,” kata Mohammad Edy Mahmud . (Mzr)

 1,043 total views,  1 views today

Check Also

Wakil Rakyat Harapkan Peningkatan PAD Lewat Potensi Wisata

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr. (HC) H. Supian HK, …