Setwan Kalteng Sambut Baik Studi Komparasi Setwan Kalsel

Tony Irawan (Kiri) selaku
Kasubbag Persidangan dan Kehumasan Setwan Kalteng dan Riduansyah Kabag TU Setwan Kalsel, saling bertukar cinderamata, usai melakukan komparasi (foto/Mzr)

Palangka Raya, mediaprospek.com–Tony Irawan selaku
Kasubbag Persidangan dan Kehumasan DPRD Prov. Kalteng, saat menerima kunjungan Sekretariat Dewan (Setwan) Kalsel dalam rangka melakukan studi komparasi, mengatakan, pada bidang pengelolaan kehumasan untuk wartawan press room yang bertugas di DPRD Prov. Kalteng oleh Setwan diminta surat tugas dari medianya dan dibatasi dengan ketentuan satu media satu orang, yakni beberapa dari media cetak, elektronik, radio dan pertelevisian (TVRI), termasuk TV lokal yang live streaming.Senin, (5/04/2021).

“Dalam penyebarluasan informasi kegiatan dewan, kita juga mempunyai website dan facebook (FB) sekretariat DPRD Kalteng agar kegiatan-kegiatan Dewan Kalteng dapat diketahui masyarakat secara luas, selain itu juga berperan menangkal informasi hoax yang dapat meresahkan, maka berita-berita yang secara obyektif akan kita tayangkan. Tentunya dengan menggunakan kalimat-kalimat yang membangun dan menghindari dari hal-hal yang tidak diharapkan,” katanya.

Mengenai studi komparasi, Tony Irawan menyambut baik, semoga bisa membawa manfaat, namun, katanya, sejarahnya, Kalteng ini, merupakan saudara mudanya Kalsel, maka kamilah yang seharusnya, yang belajar dengan Kalsel, selain itu juga tidak heran, kalau ada orang dayak Ngaju di ibukota provinsi Kalsel Banjarmasin, karena Kalteng itu sejak dulunya adalah bagian dari Kalimantan Selatan, lalu memisahkan diri untuk memudahkan urusan pemerintahan,” ujar Tony Irawan.

Untuk diketahui, menurut data BPS, ujar, Tony, penduduk Kalteng berjumlah sekitar kurang lebih 2,5 juta jiwa terbagi dalam 14 Kab/Kota, wakil rakyat yang duduk di dalam Dewan Kalteng untuk periode tahun 2019-2024 berjumlah 45 orang dengan satu orang ketua dan tiga wakil, dan APBD di tahun 2021 mencapai Rp.5,6 t.rilyun rupiah.

Menanggapi pertanyaan dari para media Kalsel, seperti bagaimana peran media dalam Pilkada, Tony Irawan menjawab, “Pada masa Pilkada, kita telah menekankan kepada kawan-kawan media agar tidak condong kepada arahan hanya dengan satu pilihan, tetapi supaya bisa menggunakan beberapa hak pilih dan memberitakan sesuai dengan isu-isu saat itu saja,” katanya.

“Untuk anggaran kehumasan dan pemberitaan Pemprov Kalteng telah menganggarkan sekitar Rp. 6 Milyar, namun tahun 2021 dalam masa pandemi karena terjadi pemotongan anggaran (refocusing) turun menjadi Rp. 4 Milyar saja,. Dana ini tidak dilakukan lelang karena digunakan untuk pembinaan dan melindungi media lokal yang intens memberitakan pembangunan di daerah Kalteng,” kata Tony Irawan.

“Untuk media yang diterima dalam mengajukan kerjasama dengan Dewan Kalteng, maka disini hanya menerima media yang sudah terverifikasi saja oleh Dewan Pers (DP), namun kita juga ada kebijakan, karena untuk mendapatkan verifikasi itu sulit, maka dibolehkan dengan catatan terverifikasinya secara online oleh Dewan Pers.

“Selain terverifikasi, kita juga menilai pengalaman kerjanya, misal media online, akan kita nilai tulisannya, apakah layak mendapat pengajuan kerjasama dengan setwan,” imbuh Tony Irawan.

Setwan Kalteng bersama Press room belum pernah melakukan studi komparasi karena menurut Tonny Irwan, Ia belum menemukan dasar hukumnya, hal itu terungkap setelah berkonsultasi dengan pihak pemeriksa, untuk melakukan kegiatan tersebut agar tidak melanggar aturan.
Kecuali kegiatan kerjasama perjalanan Dewan ke dalam daerah saat reses. Namun katanya, dengan adanya studi komparasi setwan Kalsel ini akan menjadi contoh, agar pihaknya juga dapat melalukan kegiatan yang sama.

Kabag TU Setwan Kalsel, Riduansyah melalui Kasubbag Pemberitaan Deddy Noraidi, menanggapi, tentang landasan hukum studi komparasi yang mengikutsertakan para awak media di lingkungan DPRD Kalsel, adalah didasari dengan adanya Pergub, dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan wartawan prees room di lingkungan DPRD Kalsel. (Mzr)

 1,882 total views,  1 views today

Check Also

Wakil Rakyat Harapkan Peningkatan PAD Lewat Potensi Wisata

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr. (HC) H. Supian HK, …