Setwan Kalsel dan Kalteng Saling Berbagi Informasi

Usai melakukan studi komparasi Setwan Kalsel dan Kalteng bersama Prees room berfoto bersama di halaman gedung DPRD Prov. Kalteng (Foto/HumasDPRDKalteng)

Palangka Raya, mediaprospek.com–Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Setwan) Prov. Kalsel, pada hari ini, senin, (5/04/2021) melakukan studi komparasi ke DPRD Kalteng.
Kabag Tata Usaha Setwan Kalsel, Riduansyah, mengatakan, dari Setwan studi komparasi ini pada umumnya berkaitan dengan ketatausahaan, perlengkapan dan khususnya kehumasan dengan mengikutsertakan wartawan prees room, sekaligus untuk sharing dan berbagi informasi atau mengambil hal-hal apa yang bisa untuk diterapkan di DPRD Prov. Kalsel.

Menurut Riduansyah, selain melayani Dewan, kawan-kawan media juga selalu selalu membantu dalam menyebarluaskan informasi mengenai kesekretariatan dan kegiatan DPRD Kalsel.

“Acara ini rutin dilakukan dua kali dalam setahun, atas kesepakatan bersama, maka tahun ini tujuan DPRD Kalteng yang menjadi pilihan, mungkin sekalian dari sini kawan-kawan bisa melihat langsung bagaimana kinerja Sekretariat DPRD dan media Kalteng di sini, dengan tujuan agar bisa meningkatkan wawasan dan saling bertukar informasi”, ujar Riduansyah.

“Sampai saat ini kami terus mencari informasi mungkin dengan kegiatan ini secara langsung kita dapat mengetahui mengenai ruangan dan peralatan-peralatan yang digunakan oleh mereka.
Pointnya juga adalah bagaimana kita dapat melaksanakan dan meningkatkan kinerja di masa pandemi covid-19, sekaligus mengetahui bagaimana pelayanan sekretariat kepada Dewan, baik itu perjalanan dinasnya ataupun melayani perlengkapan-perlengkapan dan ruangan-ruangan yang mereka perlukan sebagaimana mereka minta kepada kami,” pungkas Riduansyah.

Tony Irawan selaku Kasubbag Persidangan dan Kehumasan Sekretariat DPRD Prov. Kalteng, bersama dua orang wartawan perwakilan prees roomnya, mengatakan hari ini kami menerima kunjungan silaturahmi dari Sekretariat DPRD Prov. Kalsel bersama Press room dalam rangka studi komparasi, terkait dengan tata pengelolaan, publikasi pemberitaan pers yang dilaksanakan di sekretariat DPRD Prov. Kalteng, yang nantinya akan dikomparasikan terkait dengan pengelolaan pemberitaan rekan-rekan press room DPRD Kalsel.

“Mudahan kunjungan ini dapat membawa manfaat bagi setwan Kalsel dan Setwan Kalteng. Karena disini kita melihat keduanya saling berbagi informasi mengenai kegiatan-kegiatan kesekretariatan dan pengelolaan kehumasan,” kata Tony Irawan.

“Dari pertemuan hari ini ternyata ada yang belum kami lakukan di Setwan Kalteng yaitu terkait pembiayaaan yang dilaksanakan setwan Kalsel, yaitu bisa mengikutsertakan rekan-rekan media press roomnya untuk melaksanakan kunjungan studi komparasi, dilaksanakan menggunakan biaya perjalanan dinas dari Setwan Kalsel dan itu akan kami kaji dan pelajari landasan hukumnya,” imbuh Tony Irawan.

” Sehingga nantinya kami bisa melaksanakan kegiatan yang sama juga, tentunya dengan landasan hukum, sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan tidak melanggar asas-asas, aturan-aturan yang sudah ada”, ujar Tony Irawan.

Terkait pengelolaan media di setwan Kalteng, Tony menjelaskan, sampai saat ini hubungan dengan media terjalin dengan baik, aman dan lancar, “Mereka menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya dan kami juga menyediakan ruang gerak bagi rekan-rekan media untuk mendapatkan akses kepada pimpinan dan para anggota untuk dapat memberitakan hal-hal yang terkait dengan tugas dan fungsi dari pimpinan dan para anggota dewan, agar kegiatannya dapat diketahui oleh masyarakat Kalteng secara luas.

Mengenai pemberitaan, “Setwan hanya mengingatkan kepada rekan-rekan media, agar menghindari berita-berita yang sifatnya menyangkut kepentingan-kepentingan peribadi, golongan-golongan terutama hal-hal yang memicu kepada perpecahan dan sara”, pungkasnya. (Mzr)

 861 total views,  1 views today

Check Also

Wakil Rakyat Harapkan Peningkatan PAD Lewat Potensi Wisata

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr. (HC) H. Supian HK, …