Paman Yani Ajak Warga Tanbu untuk Tetap Jaga Lingkungannya Bersih dari Sampah

Tanah Bumbu, mediaprospek.com – Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk tetap menjaga lingkungan tempat tinggal di sekelilingnya bersih dari sampah. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari bencana banjir.

“Kita ketahui semua, memang diakui Tanah Bumbu dan Kotabaru bebas dari banjir. Tapi, perlu diingat bahwa antisipasi jangan dianggap remeh, sebut saja sampah-sampah rumah tangga jangan sampai jadi sumber malapetaka menyebab banjir,” ujarnya usai melaksanakan kegiatan reses di Desa Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (6/2/2021) siang.

Bahkan, dirinya menyadari selain pengaruh curah hujan dengan intensitas cukup tinggi menjadi sebab akibat terjadinya. Akan tetapi, faktor penyebab utama banjir adalah sampah-sampah yang tidak mudah terurai oleh tanah sehingga terjadi penumpukan.

“Dalam beberapa bulan terakhir memang terjadi curah hujan cukup tinggi di Kalsel. Meski Tanbu dan Kotabaru tidak terkena dampaknya. Namun, perlu diketahui, diwaspadai dan saya juga menghimbau serta mengajak agar masyarakat tetap menjaga lingkungan disekeliling rumah tetap bersih dari sampah bahkan yang tak terurai jangan dibuang sembarangan,” tuturnya.

Disamping itu, anggota Komisi II DPRD Kalsel dari fraksi Partai Golkar ini  menyerukan kepada masyarakat agar beramai-ramai dan bersemangat dalam menyikapi kebersihan lingkungan meski hanya di dalam lingkup kecil tersebut yaitu, rumah tangga.

“Ayo mari agar tidak terkena dampaknya, sampah-sampah jangan dibuang sembarangan apalagi disungai bahkan, kita semua mengharapkan tidak ada lagi musibah yang sudah menelan korban. Makanya, lakukan di tempat atau di lingkup yang kecil dulu,” paparnya.

Di tempat yang sama, wakil RT Desa Bersujud, Sarapiah mengucapkan terima kasih atas himbaun yang diberikan. Bahkan, dirinya sangat mengapresiasi dengan gerakan menjaga lingkungan.

“Yang pasti kami sangat berterima kasih dan senang sekali dengan adanya himbauan dari paman Yani, bahkan sangat berharga bagi kami,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Batulicin Irigasi, Fahrudin menyebutkan, dari hasil yang disampaikan oleh anggota Komisi II DPRD Kalsel dari Dapil 6 fraksi Partai Golkar itu, dimana, dirinya sependapat dengan adanya gerakan bebas sampah.

“Kita tahu, memang benar sampah juga merupakan penyebab banjir. Bahkan, kebersihan itu merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME). Maka dari itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Paman Yani,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua RT Gang Sampura, Puniran juga mengutarakan hal yang sama terkait langkah-langkah kongkrit dalam menjaga lingkungan, meski dimulai hanya di lingkup rumah tangga saja.

“Kami sangat berterima kasih sebesar-besarnya atas himbauan ini. Terlebih juga, kami turut berduka cita atas bencana banjir yang ada di 11 kabupaten/kota di Kalsel semoga ini merupakan kali terakhirnya dalam kejadian tersebut,” ucapnya. (RHS/Mzr)

Loading

Check Also

Kinerja Sektor Jasa Keuangan di Kalimantan Selatan pada Januari 2024 Tetap Stabil

Banjarmasin, mediapropsek.com– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Selatan menilai kinerja sektor jasa keuangan di …