QRIS BI Mudahkan Pembayaran Masyarakat Melalui Ponsel

 Banjarmasin, mediaprospek.com– Kepala Perwakilan BI Prov. Kalsel Amanlison Sembiring didampingi Kepala Grup Advisory Ekonomi Keuangan dan Pengembangan Ekonomi, Rahmat Dwisaputra,  Ekonom Ahli Tim Pengembangan Ekonomi, Dadi Esa Cipta, Ekonom Ahli Koordinator Asesmen Ekonomi dan Keuangan Regional, Donni Fajar Anugrah, Kepala Divisi SP,PUR dan Layanan Administrasi, R. Bambang Setyo Pambudi, pada acara “Bincang Bersama Media” Banjarmasin,pada kamis (5/02/2020), mengatakan, Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019 yang lalu telah me-launching Quick Respond Indonesia Standard (QRIS) UNGGUL, yaitu standar QR Code Sistem Pembayaran Indonesia. Dengan adanya QRIS ini, pembayaran menggunakan ponsel oleh masyarakat akan semakin lebih mudah, cepat, dan efisien.

Kepala Perwakilan BI Prov. Kalsel Amanlison Sembiring

Amanlison menjelaskan, QR Code Indonesia Standard (QRIS) adalah standar nasional QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia. QRIS ini bersifat UNGGUL, “Karena apa, Pertama Universal, inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan di domestik dan luar negeri, Kedua, Gampang, dimana transaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman, Ketiga, Untung, efisien karena hanya membutuhkan satu kode QR untuk semua aplikasi, Keempat, Langsung, transaksi cepat dan seketika, mendukung kelancaran sistem pembayaran, “ ujar Amanlison.

QRIS ini dilatarbelakangi, dimana Bank Indonesia menaruh perhatian yang besar terhadap perekonomian berbasis digital. Saat ini instrumen dan sarana pembayaran ritel elektronik tumbuh kian marak di Indonesia, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat pembayaran yang semakin cepat, mudah dan praktis.

Bauran kebijakan yang ditempuh akan diperkuat menghadapi kondisi perekonomian global yang belum kondusif. Di bidang sistem pembayaran khususnya, kebijakan sistem pembayaran akan terus dikembangkan untuk kelancaran, efisiensi dan keamanan transaksi pembayaran nontunai maupun tunai, termasuk dalam mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Pesatnya kemajuan teknologi tidak dapat dibendung, saat ini transaksi non tunai tidak lagi hanya menggunakan pembayaran berbasis kartu. Berbagai perusahaan start-up dan fintech memperkenalkan produk pembayarannya yang salah satunya adalah QR. QR ini merupakan salah satu alternatif pembayaran yang penggunaannya hanya melakukan ponsel.

Namun demikian, katanya, di tengah pesatnya kebutuhan bertransaksi, masih terdapat fragmentasi, inefisiensi dan risiko keamanan yang dihadapi masyarakat. Fragmentasi muncul karena kecenderungan industri untuk membangun platform sistem pembayaran yang sifatnya eksklusif, yaitu hanya dapat melayani instrumen yang diterbitkannya sendiri.

“Sekarang dengan adanya QRIS ini semua transaksi pembayaran akan lebih mudah, karena konsep implementasi QRIS terdiri atas tahap awareness, usage, dan quality. Implementasi QRIS saat ini telah memasuki tahapan usage yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah penggunaan QRIS dengan pemahaman yang berkualitas, baik dari segi merchant maupun customer,” ujar Amanlison.

“Maka Metode untuk implementasi tahap usage ini adalah acara Pekan QRIS Nasional 2020 yang akan diadakan pada 9-15 Maret 2020,” kata Amanlison.

Dalam rangka mengkampanyekan QRIS, KPw BI Kalsel akan menyelenggarakan QRIS Week (Pekan QRIS Nasional) 2020 dengan tahapan sebagai berikut, Pertama, pada tanggal 9 Maret 2020 di Kantor Walikota Banjarmasin, Kedua, 10 Maret 2020 di UIN Antasari Banjarmasin, Ketiga, 11 Maret 2020 di SMAN 1 Banjarmasin, Keempat, 12 Maret 2020 di Masjid Sabilal Muhtadin, Kelima, 13 Maret 2020 di Duta Mall, Keenam,  14 Maret 2020 di  Siring 0 KM (Puncak Acara).

Menjelang Pekan QRIS Nasional 2020, KPw BI Kalsel telah melakukan berbagai kampanya above the line melalui media cetak, radio, iklan, TV, sosial media, dan media briefing. Untuk acara puncak di Siring 0 KM akan menyertakan berbagai merchant yang telah onboarding QRIS dan seluruh peserta dan masyarakat akan mendapatkan pengalaman bagaimana penggunaan QRIS sehingga mendapatkan manfaatnya. Demi mendukung kesehatan masyarakat dan mendorong daya tahan terhadap penyakit, misalnya Covid19 (Corona), pada acara puncak QRIS akan diadakan senam bersama dan/atau jalan santai (fun walk) bersama.

Cara bertransaksi menggunakan QRIS, Pertama, Pilih dan buka aplikasi pembayaran yang diinginkan, Kedua, Scan QRIS dan periksa nama merchant dan Ketiga, Isi nominal dan bayar.

Cara pendaftaran QRIS untuk merchant: 1) Isi form dan siapkan dokumen pendukung. a. Foto KTP  b. Rekening Bank c. Foto dalam Toko d. Foto Selfie dengan KTP e. Tampak depan toko,  f. Data-data yang meliputi, Pertama, Nama Merchant (PIC/Nama Toko), Email dan nomor HP aktif, Alamat lengkap toko beserta kode pos, NPWP (bila diperlukan).

Kedua, Kirimkan dokumen yang dibutuhkan dan tunggu verifikasi dari PJSP, Ketiga, Dapatkan QR Code dari PJSP dan lakukan tes transaksi bersama acquirer dan Keempat, Cek settlement hasil transaksi.  (Rilis BI Kalsel/Mzr).

Loading

Check Also

Agar Ingatan dan Mood Bagus, Dianjurkan Konsumsi Lima Makanan Ini

Mediaprospek.com – Boleh dibilang kita setiap hari dipastikan mengonsumsi makanan yang dapat berpengaruh terhadap fisik …