Komisi I Harapkan BUMDes Mampu Dukung Laju Roda Perekonomian

Komisi I DPRD Prov Kalsel usai monitoring ke kantor BUMDes Amanah Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala pada Senin, (31/5/201) pagi, berfoto bersama. (rilisHumasDPRDKalsel)

Barito Kuala, mediaprospek.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu mendukung laju roda perekonomian.

Hal tersebut dikemukakan pada kunjungan kerja (kunker) yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Provi. Kalsel, Hj. Rachmah Norlias beserta sejumlah anggota Komisi I DPRD Kalsel dalam rangka monitoring ke kantor BUMDes Amanah Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala pada Senin, (31/5/201) pagi.

“BUMDes Amanah di Desa Karang Indah ini merupakan contoh yang baik untuk menjadi rujukan berbagai BUMDes dari desa-desa lain. Sebab, selain pengelolaannya yang baik BUMDes Amanah ini memiliki unit yang beragam,” ucap  Hj. Rachmah Norlias.

Setidaknya, menurut politisi asal partai PAN tersebut, ada 8 unit yang sudah dijalankan. Di antaranya unit KP SPAMS, unit D3zz Caffe Chicken, unit POM mini, unit pankalan GAS LPJ 3 Kg, unit kelompok ternak, unit lumbung pangan, unit kursus Bahasa Inggris (ETV) dan unit pengelola jasa al sintan (UPJA)

Ketua BUMDes Amanah, Sunardi, menjelaskan BUMDes yang dipimpinannya ini pernah mendapat juara dua (2) BUMDes terbaik tingkat provinsi. Hanya saja, menurutnya, di balik semua pencapaian ini, ada berbagai kendala yang dihadapi. Contohnya adalah di sektor unit lumbung pangan.

“Sampai saat ini, kami memiliki keterbatasan stok pupuk. Kami mengharapkan ketersediaan pupuk subsidi. Selain pupuk nonsubsidi tidak cocok dengan tanaman kami, pupuk tersebut juga lebih mahal,” jelas Sunardi.

Turut berhadir pula dalam kegiatan kunker Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Zulkifli MP mengucapkan terima kasih atas peran aktif Komisi I dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan desa yang dalam hal ini terkaid BUMDes, pihaknya juga berharap, ke depan BUMDes di masing-masing desa bisa dimaksimalkan, untuk mendukung bangun kembang perekonomian di banua. (rilisHumasDPRDKalsel)

Loading

Check Also

Jelang Kontra Australia di Piala Asia U-23 Hari Ini, STy Akui Kondisi Timnas Indonesia Menurun

Mediaprospek.com – Setelah kontra tuan rumah Qatar , timnas U-23 Indonesia akan menjalani pertandingan hidup …