Waket DPRD Kalsel M. Syaripuddin Soroti Optimalisasi mengenai Wacana Penggabungan Bappeda dan Balitbangda

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel M Syaripuddin, (Foto/HumasDPRDKalsel)

Banjarmasin, mediaprospek.com— Adanya wacana penggabungan Perangkat Daerah pada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel M Syaripuddin, Jumat, (26/03/2021).

Wacana Penggabungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah menurutnya perlu diperhatikan dari segi optimalisasi fungsi dan tugas kerja organisasi pada masing-masing Perangkat Daerah serta kebutuhan terkini dalam pembangunan daerah.

Balitbang memiliki peran sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan strategis di daerah, terutama dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan daerah serta memperkuat landasan pengambilan langkah dan kebijakan, karena rekomendasi yang dihasilkan didukung oleh data dan fakta yang valid.

Keberadaan penelitian dan pengembangan berperan sebagai input dalam proses penyusunan langkah- langkah atau kebijakan strategis daerah kedepan serta dapat memberikan berbagai input atau rekomendasi dalam rangka implementasi program- program strategis daerah yang tengah berjalan.

Penelitian dan pengembangan bisa juga sebagai kontrol maupun katalisator dalam pencapaian sasaran program. Kemudian, peran di akhir yakni memberikan input dan penilaian terhadap hasil pelaksanaan program sebagai bentuk evaluasi, sehingga dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan program selanjutnya.

“Dengan melalui Balitbang maka pengkajian terhadap kebijakan dapat dilakukan dengan penelitian sehingga meningkatkan kualitas kebijakan dan program serta sebagai dasar perumusan kebijakan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, untuk itu penelitian dan pengembangan daerah Kalsel perlu diperkuat, baik dengan support Pemerintah terhadap program-program Balitbangda, SDM, sarana prasarana dan tentunya akomodir anggaran” Pungkas pria yang akrab disapa Bang Dhin ini. (Rilis)

 1,335 total views,  1 views today

Check Also

Wakil Rakyat Harapkan Peningkatan PAD Lewat Potensi Wisata

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr. (HC) H. Supian HK, …