Bang Dhin Siap Fasilitasi DKP ke KKP untuk Budidayakan Ikan Gabus di Kalsel

Waket DPRD Kalsel M. Syarifuddin (Foto/HumasDPRDKalsel)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Budidaya ikan gabus merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan serat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, seperti jenis ikan air tawar lainnya. Apalagi untuk wilayah Kalimantan Selatan di mana tingkat konsumsi ikan gabus sangatlah tinggi, bahkan saking pentingnya ikan gabus menjadi salah satu faktor penyebab inflasi di Kalimantan Selatan.

Mengingat tingginya konsumsi tersebut memicu peluang besar untuk dilakukan budidaya ikan gabus. Hal ini menjadi perhatian khusus dan merupakan salah satu agenda yang menjadi bahan Wakil Ketua DPRD Prov. Kalsel bersama Dinas Kelautan dan Perikanan  Prov. Kalsel bertandang ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Hasil pertemuan tersebut mendapat respon baik dari Kementerian Kelauatan dan Perikana (KKP) apalagi kedatangan rombongan Kalsel ini dilengkapi dengan data terkait dampak banjir terhadap budidaya ikan gabus. Direncanakan jika proposal permohonan dapat masuk secepatnya, maka Kalsel akan mendapat bantuan benih dan pakan ikan gabus, serta Kalsel akan dijadikan sebagai komoditas unggulan penghasil gabus di Indonesia pada tahun 2022. Hal ini juga dikarenakan ikan gabus adalah jenis ikan endemik Kalsel.

“Inilah pentingnya komunikasi dan koordinasi antara Kabupaten dengan Provinsi, kemudian dilanjutkan dengan koordinasi ke Pusat. Jika semua itu dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan hal yang baik,” ucap Bang Dhin sapaan akrab Wakil Ketua DPRD Prov. Kalsel ini.

“Saya siap memfasilitasi Dinas ke Kementerian untuk sama-sama mencari anggaran Pusat yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat Kalsel,” tambah Bang Dhin.

Sebagai catatan, bantuan dari KKP ini akan dimanfaatkan oleh kabupaten-kabupaten yang dipilih oleh Provinsi serta akan dikelola oleh Balai Perikanan Budidaya Ikan Tawar Mandiangin. (Rilis)

 1,734 total views,  2 views today

Check Also

Ketua DPRD Kalsel Harapkan Optimalisasi Program Pembangunan Ekonomi

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Dr. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., di layar TV dalam …