Legislator Kalsel Gelar Sosper Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Banjar

Martapura, mediaprospek.com – Legislator Provinsi Kalimantan Selatan, Syahrudin, menggelar Sosialiasasi Peraraturan Daerah (Sosper) Nomor 4 Tahun 2016 di Gedung Islamic Center Mufti Tuan Guru Besar H.M Djazouli Seman Martapura , Sabtu ( 27/2/21).

Peraturan daerah (Perda) yang disosialisasikan, Perda Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 4 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dijelaskan, Perda ini lahir karena saat menyerap aspirasi di lapangan banyaknya harapan warga masyarakat terkait pembangunan desa.

Perda ini bertujuan untuk memperkuat keuangan desa melalui bantuan anggaran dari pemerintah provinsi.

“Meskipun sudah ada dari APBN dan APBD Kabupaten, tapi itu belum mencukupi untuk membangun desa. Makanya, kita berusaha agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) bisa mensopport anggaran desa untuk pembangunan,” ujarnya.

Dengan banyaknya anggaran yang beredar di desa, ia mengajak masyarakat untuk mengawasi penggunaan dana desa.

“Karena ini uang kita semua dari pajak. Mari kita awasi, supaya penggunaannya jelas dan betul-betul bermanfaat untuk kita semua,” tambahnya.

Sosper menghadirkan 2 (dua) orang narasumber, yakni, Pembantu Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Antasari Banjarmasin, DR. Ahmad Sazali, M. Hum dan Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fajriannor Tamjidillah. Sedangkan peserta yang hadir pada Sosper kali ini adalah dari PW IPNU Kalsel dan PC IPNU – IPPNU Kabupaten Banjar.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam mendukung percepatan pembangunan pedesaan ada dua metode.
“Pertama, bantuan langsung berupa Pembangunannya ke desa yang melekat pada program Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kedua, bantuan keuangan desa dari Pemerintah Provinsi ( Pemprov),” katanya.

Sosper tetap seperti biasanya menerapkan protokoler kesehatan kepada setiap peserta yang memasuki ruangan, guna mencegah penyebaran covid-19. (Rilis/Sar/Mzr)

 958 total views,  1 views today

Check Also

Ketua DPRD Kalsel Harapkan Optimalisasi Program Pembangunan Ekonomi

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Dr. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., di layar TV dalam …