Perda Dorong Potensi Pemuda untuk Maju dan Berperan  dalam Mengisi Pembangunan

Athaillah Hasbi salah satu anggota fraksi Golkar DPRD Kalsel (Nomor empat dari kiri), ketika melakukan sosialisasi perda (Sosper) kepemudaan di HST, ((Foto/Ist).

HST, mediaprospek.com–Sosialisasi penyebarluasan Perda nomor 10 tahun 2019 tentang kepemudaan,  pemuda mempunyai potensi dan peran  strategis, sehingga perlu dikembangkan potensi dan perannya. Itu melalui penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan secara terencana, terarah, terpadu dan berkelanjutan. Pemuda harus mengetahui Perda ini agar berkontribusi terhadap jalannya Pemerintahan Kalimantan Selatan.

Athaillah Hasbi salah satu anggota dari fraksi Golkar DPRD Kalsel mengatakan, pentingnya sosialisasi perda (Sosper) sebagai bentuk upaya, menyebarluaskan kepada masyarakat tentang terbentuknya Perda Kepemudaan. Karena salah satu tugas DPRD adalah membahas dan menetapkan peraturan daerah (Perda). Perda yang telah ditetapkan juga penting untuk disosialisasikan ke masyarakat, sosper ini juga bentuk  pertanggungjawaban anggota dewan kepada publik, dengan tujuan agar masyarakat mengetahui adanya peraturan ini. Yang diharapkan dapat dipahami dan dilaksanakan sesuai subtansi Perda.

“Pemuda harus bersinergi dan berkontribusi dalam pembangunan di Hulu Sungai Tengah (HST) dan ikut berperan mendukung kebijakan program Pemerintah Kab. HST,” ujar Athaillah Hasbi kepada Prospek, Jumat, (26/02/2021).

Adapun nara sumber yang dihadirkan pada acara sosper ini adalah Ketua KNPI HST 2005-2009, yang juga pernah menjadi anggota DPRD HST periode 2009-2014,  H. Subhan Saputera, menyambut baik Perda Kepemudaan di Propinsi Kalsel.

“Karena tak banyak Propinsi ataupun Kabupaten/kota yang memiliki Perda ini.  Materi pokok dari perda kepemudaan ini adalah untuk memfasilitiasi kegiatan-kegiatan kepemudaan. Seperti kepemimpinan dan kepeloporan, bahkan kegiatan kewirausahaan. Dengan kehadiran Perda ini membuat anak-anak muda  semakin punya peluang untuk maju,” ujar H. Subhan Saputera .

Nara Sumber M. Fansyuri, pegiat LSM/Ormas, yang juga pernah menjabat anggota DPRD HST 2009-2014, mengatakan gagasan pemuda sangat dibutuhkan dalam membangun bangsa maupun daerah. “Pemuda punya kekuatan besar untuk meng “guide” dan mengelola kepentingan publik. Dan Pemerintah baik eksekutif maupun legislatif membutuhkan ide-ide dari pemuda,” katanya.

Kegiatan sosper ini dilaksanakan di Hulu Sungai Tengah di Kelurahan Barabai Timur dan dihadiri Perwakilan Pemuda yang tergabung dalam kelompok masyarakat seperti karang taruna, kelompok Habsy di desa maupun di kelurahan. (Rilis).

 790 total views,  1 views today

Check Also

Ketua DPRD Kalsel Harapkan Optimalisasi Program Pembangunan Ekonomi

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Dr. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., di layar TV dalam …