Kesulitan Air Bersih Pasca Banjir HST, PMI Datangkan Mesin Pengolah Air

Barabai, mediaprospek.com- Sepekan lebih sejak banjir bandang menyapu sebagian besar wilayah di Hulu Sungai Tengah (HST), air bersih masih menjadi problematik di tengah masyarakat.

Hingga hari ini, Sabtu (23/01/2021) bantaran air sungai masih terpantau keruh (coklat kemerahan) sehingga masih belum memungkinkan untuk dikonsumsi.

Palang Merah Indonesia (PMI) HST bekerja sama dengan PMI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendatangkan mesin pengolah air bersih siap pakai.

Mesin bernama NUF Filtration ini dilansir dapat menghasilkan saringan air bersih 1.200 liter perjam.

Koordinator WASH (Water Sanitation and Higiene) PMI HST, M. Syaiful Rahman, S.Kom, menjelaskan bahwa mesin beserta mekanik didatangkan langsung dari Kaltim, “Karena keterbatasan tenaga dan mesin, sementara kami hanya bisa mendistribusikan air bersih ke Desa Benawa Tengah dan Desa Bungur bersama Om Gowank dan kawan-kawan dari PMI Kaltim,” ujar Syaiful.

Ditambahkan oleh Syaiful, hingga hari ini pihaknya masih terkendala jumlah tandon air yang terbatas, sehingga masih belum mampu memperluas jangkauan pendistribusian, “Untuk para dermawan yang ingin mendonasikan tandon air bisa langsung datang ke posko PMI HST di Kampus Stai Alwashliyah Barabai,” pungkasnya penuh harap. (Rom/Mzr)

 1,175 total views,  1 views today

Check Also

DPRD Kalsel Apresiasi Ditjen Dukcapil dalam Penggantian Dokumen Kependudukan Korban Banjir

Komisi I DPRD Kalsel usai bertatap muka dengan Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh, di …