Kalsel Berupaya Sediakan Anggaran PON XX Papua 2021 di Oktober Mendatang

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H. Lutfi Saipuddin (Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) usahakan penyediaan anggaran untuk mengikuti perhelatan Pekan Olah raga Nasional XX (PON XX) Papua 2021 bulan Oktober mendatang.

Menurut Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Selatan (KONI Kalsel), Gusti Perdana Kesuma , dalam menghadapi perhelatan akbar tersebut, pihaknya memerlukan anggaran yang cukup besar.

“Kami mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD Kalsel beserta Dispora Kalsel, agar bisa mengikuti PON XX,” ucapnya, Senin (17/1/2021).

Ia mengatakan anggaran yang diperlukan dalam mengikuti ajang tersebut mencapai Rp 30 Milyar, untuk memberangkatkan para atlet di 25 cabang olahraga (Cabor).

“Kekurangannya mencapai Rp 20 Milayar, sedangkan kita memiliki Rp 10 Milyar,” ujarnya.

Lanjutnya, anggaran tersebut juga untuk melakukan pembinaan terhadap atlet yang bakal mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita kan menargetkan 14 medali emas, oleh karena itu pembinaan harus dilakukan dengan maksimal,” bebernya.

Adapun target 14 medali emas tersebut melalui cabang olahraga, Menembak 4 orang, Gulat 3 orang, Tinju 2 orang, Bilyard 2 orang, Wu Shu 1orang, Kempo 1 orang, Karate 1 orang.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini melakukan penyesuaian anggaran terhadap pihak terkait, guna tidak terjadi tumpang tindih anggaran, yang mana KONI Kalsel mengelola anggaran suplemen gizi, sedangkan Dispora Kalsel mengelola insentif.

Menanggapi hal tersebut, Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Kalsel), H Hermansyah, mengatakan pihaknya mendukung penuh keberangkatan para atlet dalam mengikuti PON XX Papua 2021.

“Kita support, Ini kan untuk nama baik Kalsel,” katanya.

Terkait penyediaan anggaran yang bakal diperlukan, dirinya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Dewan Kalsel dan Badan Keuangan Daerah dalam mewujudkan hal tersebut.

“Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan solusi untuk anggaran tersebut,” ucapnya.

Ia juga mengatakan dengan anggaran yang diperlukan nantinya, tidak akan menyurutkan tekat para atlet Banua dalam berlaga di PON XX Papua 2021 dan memperoleh hasil yang maksimal.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, H Lutfi Saifuddin, mengatakan pihaknya juga akan terus berupaya untuk memberangkatkan atlet terbaik Kalsel dalam berlaga di PON XX Papua 2021.

“Menyangkut nama baik Kalsel, jangan sampai kita tidak bisa memberangkatkan para atlet,” bebernya.

Ia mengatakan harga diri sebuah Provinsi perlu diperkuat dan dijunjung tinggi, dengan mengusahakan pengiringan kontingen olahraga berlaga.

“Dewan Kalsel akan memperjuangkan dana di anggaran perubahan, Insyaallah ini menjadi prioritas bagi Dewan Kalsel,” imbuhnya. (Yud/Mzr)

 7,133 total views,  91 views today

Check Also

DPRD Kalsel Apresiasi Ditjen Dukcapil dalam Penggantian Dokumen Kependudukan Korban Banjir

Komisi I DPRD Kalsel usai bertatap muka dengan Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh, di …