Doa untuk Kalsel Berduka

(Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsell) dilanda Banjir, yang selama 30 tahun terakhir tidak pernah banjir separah ini. Foto diatas menunjukkan salah satu titik lokasi kebanjiran yang cukup parah dan jalan Pramuka Banjarmasin pun  sudah tergenang air, di gang-gang jalan sekitarnya bahkan sampai ke lintuhut (dengkul) Sabtu, (16/1/2021).

Menurut pengakuan sebut saja nenek Satiah mengatakan selama ia hidup dan berdiam 30 tahun di jalan Pramuka baru kali Banjarmasin mengalami banjir yang parah.

Daerah lain seperti Kab HST, Kab Banjar di Pengaron wilayah ini bahkan lebih parah dan sudah menimbulkan korban jiwa diperkirakan sebanyak 5 orang.

Menurut salah satu para relawan yang ingin mengevakuasi, Kab HST atau kota Barabai sempat tidak dapat dimasuki para relawan dari seluruh Kab/Kota. Karena debit air yang sangat tinggi mencapai dua (2) meter lebih, rumah yang tenggelam hanya terlihat atapnya saja.

Salah satu video Whatsapp yang banyak beredar, netizen terenyuh melihat seorang Kakek dan nenek yang menyisir rumahnya. Berpegang erat di samping rumahnya agar tidak terseret pada malam banjir yang melanda tiba-tiba, tanpa seorang yang dapat menolong. Karena saat itu semua warga masing-masing berusaha bertahan diatas atap rumahnya.

Banyak rumah dan jembatan yang hancur dan mesjid pun ikut hilang ditelan banjir, terutama di pinggiran sungai. Kab HST lumpuh total dan sangat memerlukan bantuan baik itu makanan, pakaian, obat-obatan dan lainnya. Juga saat ini Kab HST memerlukan perahu karet dalam menjemput korban.

Saat ini seluruh para relawan termasuk relawan Banjarmasin telah mendirikan posko-posko dan berjibaku dalam mengevakuasi korban Banjir baik itu kota warga Banjarmasin sendiri, Pengaron Kab Banjar dan Kab HST.

Relawan dari daerah lain juga ikut membantu seperti relawan dari Kab. Kapuas, yang mendatangkan 9 unit mobilnya termasuk relawan Samarinda dan Balikpapan.

Menurut salah satu sumber, penyebab banjir diperkirakan karena tanah di pegunungan meratus ada yang longsor. Sehingga tidak dapat menahan hujan yang selama dua hari berturut-turut tanpa henti di Kalsel.

Kota Banjarmasin sendiri untuk daerah pinggiran hampir semua rumahnya “calap” (terendam air) sampai ke Kecamatan Gambut Kab. Banjar debit air masih tinggi. Walau hari ini tidak ada hujan diharapkan dengan doa seluruh rakyat Indonesia agar mendoakan airnya kembali surut dan masyarakatnya dapat kembali normal bekerja.

Saat ini warga Banjarmasin juga sangat mengharapkan bantuan agar diberikan sembako maupun lainnya agar dapat bertahan terutama untuk warga miskin. Warga juga kesulitan tidur karena rumahnya yang terendam.

Hari ini juga ada bantuan dari Pemerintah Pusat, yang sebelumnya Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarmasin sudah melakukan tindakan Tanggap Darurat. Diketahui daerah yang terkena banjir adalah Banjarmasin, Handil Bakti.Kab. Batola, Kab Banjar, HSS, Kab. HST, dan sebagian Banjarbaru serta Kab. Kotabaru dan Kab. Tanah Bumbu yang kemaren jumat (15/1/2021) terkena getaran Gempa Majene, Sulawesi. (Foto/Sukri/Mzr).

 951 total views,  1 views today

Check Also

PMK Seberang Masjid Diperkuat Fire Lady

(Foto/Ist) Banjarmasin, mediaprospek.com– Kebakaran masih menjadi momok masyarakat yang berada wilayah padat penduduk. Potensi kebakaran …