Komisi II Tekankan agar Masyarakat Dilibatkan Kelola  Obyek Wisata

Usai membahas masalah kepariwisataan  Komisi II DPRD Provinsi Kalsel berfoto bersama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut (Kab Tala), Senin (11/1/2021). (Foto/Humas DPRD Kalsel)

Pelaihari, mediaprospek.com – Untuk membuat obyek wisata menjadi lebih baik dan kondusif, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Prov Kalsel) sejak awal, telah menekankan perlunya mengikutserakan masyarakat yang ada di sekitar lokasi obyek wisata tersebut. Hal ini kembali dikatakan oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Imam Suprastowo disela Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Provinsi Kalsel ke Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut (Kab Tala), Senin (11/1/2021).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menambahkan, kunjungan kerja Komisi yang membidangi  ekonomi dan keuangan ke Kabupaten Tala, pada dasarnya untuk menggali potensi-potensi wisata yang ada di Tanah Laut, baik yang dikelola oleh Pemerintah Kabupetan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) maupun masyarakat.

“Kita ingin mengkampanyekan, mempromosikan semua obyek wisata yang ada di kabupaten/kota. Karena meskipun tidak memberikan PAD bagi Pemerintah Provinsi, namun dampak dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke obyek wisata membuat Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kalsel jadi lebih baik,” ucap Imam.

Kabupaten Tanah Laut, menurut Imam, memiliki banyak sekali potensi wisata, mulai dari pantai, perkebunan, pertanian, termasuk kehutanan yang sudah dikelola oleh beberapa KPH, seperti di Gunung Kira dan Goa Marmer. Namun demikian, politisi dari dapil 2 ini mengharapkan kesadaran masyarakat di sekitar obyek wisata, khususnya dalam menerima kehadiran tamu atau wisatawan yang ingin menikmati obyek wisata di wilayahnya serta meminta Pemerintah Daerah setempat untuk giat menggerakkan masyarakatnya untuk mendukung keberadaan destinasi wisata yang ada di daerahnya.

“Karena itu, sejak awal Komisi II menekankan bahwa untuk  membuat obyek wisata itu jadi lebih baik dan lebih kondusif adalah dengan mengikutsertakan masyarakat sekitar obyek wisata tersebut”, tandas Imam.

Sementara itu, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman disela pertemuan mengatakan, atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kab. Tala dirinya sangat bersyukur atas perhatian Pemerintah dan DPRD Prov. Kalsel, khususnya Komisi II dalam rangka menggali potensi-potensi wisata di daerahnya. Terlebih saat ini sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kab. Tala, lanjut Abdi. Diantaranya dengan terus melakukan perbaikan dan peningkatan berbagai fasilitas umum, sehingga tercipta kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung obyek wisata.

Namun demikian, dirinya tetap mengharapkan dukungan dan perhatian Pemerntah Provinsi serta DPRD Kalsel dalam rangka meningkatkan kepariwisataan di daerahnya demi mensejahterakan masyarakatnya.

“Kita mengharapkan adanya sinergitas antara Pemerintah Provinsi Kalsel dengan Pemerintah Kabupaten Tala dalam upaya meningkatkan kepariwisataan di Tanah Laut,” pintanya.

Sebelumnya, rombongan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel dan Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel diterima Wakil Bupati Tala Abdi Rahman di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Tala dan sekaligus mendengarkan paparan dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tala terkait pengelolaan obyek wisata di Kabupaten Tanah Laut. (Timhumasdprdkalsel/Mzr)

 1,881 total views,  76 views today

Check Also

Anggota DPRD Kalsel : Amankan Jalur Distribusi Sembako dan BBM ke Hulu Sungai

Anggota DPRD Kalsel dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Firman Yusi, SP, (Foto/Ist) HST, mediaprospek.com–Anggota DPRD …