Komisi I :  Penanggulangan Banjir di HSU Diperlukan Koordinasi Antar Pemerintah Kabupaten

Komisi I DPRD Kalsel, usai membahas masalah banjir di BPBD Kab. HSU, Senin (11/1/2020), (Foto/Humas DPRD Kalsel).

Amuntai, mediaprospek.com – Bencana banjir yang hampir tiap tahun melanda Kabupaten Hulu Sungai Utara (Kab. HSU) mendapat perhatian dari Komisi I Dewan Perwakiln Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel). Pada kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. HSU, Senin (11/1/2021), adalah dalam rangka monitoring kesiapan daerah menghadapi musibah banjir. Wakil Ketua Komisi I H Syahdillah, mengatakan, perlunya koordinasi antar Pemerintah Kabupaten dalam menanggulangi permasalahan tersebut.

Menurutnya di wilayah Kab. HSU terdapat pertemuan antara dua (2) sungai besar yaitu sungai yang berada di Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan. Sehingga walaupun curah hujan rendah di Kab. HSU, akan tetapi jika tingkat ketinggian air sungai di dua Kabupaten tersebut maka akan berpengaruh juga pada wilayah Kab. HSU.

“Sebagaimana kita tahu wilayah HSU merupakan pertemuan dua sungai besar di Tabalong dan Balangan, sehingga juga berpengaruh terhadap ketinggian air di HSU, untuk itu perlu adanya koordinasi antar tiga (3) Pemerintah Daerah tersebut, untuk itu kita akan mendorong Pemerintah Provinsi melalui BPBD Provinsi untuk bersama-sama menyelesaikan hal tersebut, ” katanya.

Sementara itu Kepala BPBD Kab. HSU Drs. Sugeng Riyadi yang menerima kunjungan, mengungkapkan untuk di Kab. HSU dilihat dari pola tahun-tahun sebelumnya. Minimal ada dua kali pertahun dilanda banjir, yang mana ancamannya sampai akhir bulan februari, “Belajar dari tahun tahun yang lalu ancamannya sampai akhir februari,” jelasnya. (Dnr/Mzr)

 586 total views,  2 views today

Check Also

Peduli Korban Banjir Kalsel, Periska PT.Tri Buana Mas Salurkan Paket Logistik

( Foto/Ist) Marabahan, mediaprospek.com– Banjir besar yang menimpa sejumlah kawasan di sepuluh kabupaten dan kota …