Riniwati : Saya bangga Sekolah Astra Agro Mengembangan Budaya Lokal  

Riniwati bersama anak murid didiknya (Foto/Ist)

Kaltim, mediaprospek.com— “Saya senang menjadi bagian dari team pengajar SMP Karya Nusa Lestari, apalagi perkebunan sawitnya di daerah kampung sendiri, jadi betah,” ujar Riniwati mengawali perbincangan.

Riniwati adalah salah satu perempuan dayak kenyah yang menjadi bagian dari team pengajar pengembangan seni Tradisional Dayak Kenyah, Kalimantan Timur di SMP Karya Nusa Lestari dan SD Astra Agro Lestari School. Perempuan kelahiran Muara Wahau 41 tahun silam sekaligus ibu 2 anak ini sangat menikmati hari harinya sebagai pengajar. Riniwati merasa di sekolah kecintaannya akan seni dan budaya dayak kenyah tersalurkan.

Pengembangan seni Tradisional Dayak Kenyah ini merupakan komitment dari management PT.Karyanusa Eka Daya (KED) dan PT.Subur Abadi Plantation (SAP) untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal dimana perusahaan beroperasi lewat dunia pendidikan.

“Budaya budaya lokal yang memiliki nilai nilai luhur harus terus di lestarikan dan di kembangkan sebagai bagian dari usaha membentengi anak anak dari pengaruh negatif dampak globalisasi,” jelas Dwi Hartono selaku Administratur PT.Karyanusa Eka Daya.

Dijelaskan juga oleh Dwi Hartono, bahwa anak anak yang bersekolah di SMP Karya Nusa Lestari dan SD Astra Agro Lestari School bukan hanya anak anak dari PT.KED dan PT.SAP tetapi ada juga anak anak masyarakat sekitar.

Ketika diminta komentarnya bagaimana manfaat keberadaan SMP Karya Nusa Lestari dan SD Astra Agro Lestari School di kampung halamannya, dengan  bangga Riniwati mengaku sangat bagus dengan adanya sekolah yang di bangun perusahaan sehingga karyawan dan masyarakat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan untuk anak anaknya.

Menyinggung kegiatan belajar mengajar selama pandemi COVID 19 terjadi beberapa penyesuaian. “Di tengah pandemi COVID 19, Riniwati juga mengajak rekan rekannya tetap semangat walaupun dengan system BDR (Belajar Dari Rumah) karena tugas guru akan lebih berat karena harus jemput bola ke tempat tempat dimana siswa tinggal, keselamatan anak anak harus menjadi prioritas di saat pandemi COVID 19” ajak Riniwati. (Ril/Mra)

 192 total views,  1 views today

Check Also

Peduli Korban Banjir Kalsel, Periska PT.Tri Buana Mas Salurkan Paket Logistik

( Foto/Ist) Marabahan, mediaprospek.com– Banjir besar yang menimpa sejumlah kawasan di sepuluh kabupaten dan kota …