Bahas Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, Pansus Segera Bertolak ke Balikpapan

Ketua Pansus Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan DPRD Kalsel, H. Ahmad Rozanie Himawan Nugraha, (Foto/Mzr)

Banjarmasin, mediaprospek.com–H. Ahmad Rozanie Himawan Nugraha selaku ketua Pansus Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan DPRD Kalsel, mengatakan,  terkait usulan pembahasan Raperda dari Dinas Perkebunan (Disbunnak Kalsel) untuk perubahan atau penyempurnaan, karena Peraturan Daerah (Perda) No. 2 tahun 2013 merupakan Perda yang lama, sehingga tidak selaras dengan perkembangan yang ada dan peraturan yang baru. Ke depannya supaya ada pembenahan dan penyempurnaan Raperda, sehingga pembangunan perkebunan berkelanjutan betul-betul bisa dirasakan bermanfaat bagi masyarakat.

“Untuk pembahasan Raperda, seperti di Balikpapan, mereka di tahun 2019 tadi baru menyelesaikan perdanya, makanya nanti mungkin kita akan ke Balikpapan untuk melihat itu. Ibaratnya dicocokkan lebih dulu dan belajar di sana. Setelah dari Balikpapan, kelihatan hasilnya, apa yang  lemah dari kita, karena kita harus melihat dulu dari mereka, seperti apa yang sudah selesai. Kalau di Kalteng, ternyata masih memakai yang lama, sehingga belum ada penyumbangan,” kata Rozanie kepada Prospek, Senin, (16/11/2020) di Banjarmasin.

“Jadi yang baru selesai itu adalah Balikpapan (Kaltim) dan Prov. Riau, mungkin rencananya kita ke Balikpapan saja dulu pada tanggal 19-21 nanti. Dan Kita targetkan Perda ini cepat selesai,” pungkas Rozanie.

Menurut Rozanie, karena Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan merupakan usulan dari eksekutif atau dari dinasnya sendiri, dari Pansus DPRD Kalsel, berupaya memfasilitasi dengan melihat apa-apa yang perlu diperbaiki, apa-apa yang perlu kita benahi, untuk disempurnakan.

“Ada banyak perubahan sebenarnya yang perlu dipelajari dan dibenahi, tentang perkebunan sawit. Sebagaimana yang sudah dijelaskan ibu Kepala Dinas tadi, kita di sini cuma memfasilitasi usulan mereka. Karena pembahasan baru rapat pertama, dimana baru dapat naskahnya, nanti sama-sama kita pelajari,” ungkap Rozanie. (Ais/Mzr)

 814 total views,  2 views today

Check Also

Wakil Rakyat Himbau Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak

(Ist) Banjarmasin, mediaprospek.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan mengimbau kepada masyarakat …