Desa Batulicin Irigasi Menuju Proklim Lestari

Foto : Kegiatan Pembinaan Program Kampung Iklim di Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang Tanah Bumbu Kalimantan Selatan (Ist)

 Banjarmasin, mediaprospek.com – Desa Batulicin Irigasi yang berada di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan telah bersiap menjadi Desa Proklim (Program Kampung Iklim) Tingkat Lestari. Tak menutup kemungkinan Desa Batulicin Irigasi ini,menjadi desa pertama dan satu satunya di Kalimantan yang bakal berstatus Proklim Lestari.

Program milik Kementereian LHK RI ini bersifat pembinaan secara berkesinambungan. Desa yang telah menerapkan Program Kampung Iklim terus dibina mulai dari tingkat Pratama,Madya,Utama hingga Lestari. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan,untuk meraih predikat Proklim Lestari desa tersebut harus berstatus Utama selama minimal dua tahun dan harus melakukan pembinaan kepada desa lainnya minimal 10 desa. “Sebagai syarat untuk dapat maju sebagai Proklim Lestari,adalah desa yang sudah berstatus Proklim Utama dan memiliki desa binaan minimal sepuluh desa,” ucap Hanifah pada Acara Pembinaan Program Kampung Iklim di Desa Batulicin Irigasi Tanah Bumbu Jumat (13/11/2020) siang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Singgah Desa Batulicin Irigasi ini,turut dihadiri Camat Karang Bintang Noorhidayat. Dalam sambutannya ia, berharap bahwa kegiatan Proklim dapat berkesinambungan hingga semua desa dapat mengikuti progam Kampung Iklim.

“Bukan hanya sebelas desa yang diusulkan pihak pemerintah Kabupaten dan Provinsi namun lebih dapat memfasilitasi berupa arahan agar dapat menjadi desa Agrowisata,” harapnya.

Noorhidayat  juga berharap agar Desa Batulicin Irigasi dapat menjadi contoh dan motivasi bagi desa lainnya.

Kepala Desa Batulicin Irigasi, Supriyadi mengatkan, Perkembangan Proklim di Desa Batulicin Irigasi saat ini, mengalami peningkatan.

pihaknya juga telah melakukan pembinaan ke sepuluh desa. “Pembinaan yang sudah dilakukan ke 10 desa meliputi sosialisasi, identifikasi, evaluasi, rekomendasi dan fasilitasi,” ucap Supriyadi.

Supriyadi juga mengatakan, rencana kedepan desanya akan pemgembangkan atau menuju desa agrowisata.

“Kita memohon fasilitasi dari DLH Provinsi  untuk mendapatkan mitra,” harapnya.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Tanah Bumbu, Hj. Laili Hartati, MP menjelaskan, DLH Kabupaten Tanbu melakukan pendampingan pada  Desa Batulicin Irigasi yang melakukan pembinaan ke 10 desa, yaitu Desa Wonorejo, Pandansari, Sidomulyo, Purwodadi, Mekarjaya, Tibarau Panjang, Sumberbaru, Angsana, Sebamban Lama, Banjarsari dimana setelah pembinaan hampir seluruh desa prosentase upaya adaptasi dan mitigasi mengalami peningkatan.

Direncanakan akan ada penambahan lokasi yang diusulkan pada tahun 2021 sebagai desa binaan Desa Batulicin Irigasi.

Hanifah Dwi Nirwana Kepala Dinas Lingkungan Hidu Provinsi Kalimantan Selatan dalam kesempatan ini, memberikan apresiasi untuk Desa Batulicin Irigasi, dan menyatakan layak untuk menuju menuju Proklim Lestari. Hanifah juga memotivasi Desa Batulicin Irigasi dan sepuluh desa binaannya. Ia juga berjanji akan mencarikan mitra dengan perusahaan, bagi desa desa Proklim yang belum memiliki mitra.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT. Borneo Indobara dan PT. Tunas inti abadi sebagai mitra desa Proklim batulicin irigasi. (Ahmad Fauzie/Zakiri)

 

 

 544 total views,  1 views today

Check Also

STIEPAN Buka Kesempatan Penghulu Kuliah Lagi

(Foto/Ist) Paringin,  mediaprospek.com – Kesempatan belajar selalu terbuka bagi siapa saja, tidak memandang usia. Sepanjang …