Dispora Prov. Kalsel Gelar Kegiatan Festival Remaja Masjid Tahun 2020 di Kiram Park

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov.Kalsel Hermansyah, (Foto/Teguh)

Martapura, mediaprospek.com–Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov.Kalsel Hermansyah, kembali membuka kegiatan Festival Remaja Masjid tingkat Prov Kalsel. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan tingkat Kabupaten/kota tahun 2020, yang  memperlombakan banyak cabang dan pada minggu (8/11/2020) di Hotel Dafam, Martapura.

Hermansyah mengatakan, kegiatan lomba-lomba berlangsung di Kiram Park berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 9 sampai dengan tanggal 11, selain itu juga dilakukan secara virtual. Dengan adanya perlombaan tersebut, Ia mengharapkan kegiatan kepemudaan di Prov Kalsel, khususnya di bidang keagamaan semakin meningkat.  Karena sejalan dengan visi-Misi Pemprov Kalsel, yaitu bagaimana menjadikan Kalsel yang relegius. “Tentunya  harus kita support baik itu dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga maupun jajaran BKPMRI tingkat Prov Kalsel,” ujar Hermansyah.

“Oleh karena itu, sebuah kegiatan yang kami rasa sangat positif ini bagaimana nanti kita harapkan kegiatan keagamaan di bidang kepemudaan ini bisa menghasilkan generasi emas Kalsel,” kata Hermansyah.

“Mudah-mudahan yang kita lakukan sejalan dengan kegiatan Pemprov Kalsel dan kegiatan kita di tengah pandemi ini juga terus berlangsung, sehingga apa yang sudah kita ikhtiarkan mudah-mudahan diridhai Allah SWT,” harap Hermansyah.

“Selanjutnya, bagi sang juara akan mengikuti lomba pada tingkat nasional. Nah, tentu semua cabang lomba menghasilkan yang terbaik, yang nanti akan kita fokuskan pada saat nanti lomba. Karena dalam perlombaan-perlombaan biasanya Kalsel yang selalu juara umum di tingkat nasional. Tentu kita patut berbangga dan mudah-mudahan pandemi semakin berkurang,” tandas Hermansyah..

Acara Festival Remaja Masjid Se Kalsel tahun 2020 ini juga dihadiri oleh Para Ketua DPD BKPRMI se Kalsel. Direktur Wilayah LPPTKA DPW BKPRMI Kalsel. Para Direktur Daerah LPPTKA DPD BKPRMI se Kalsel. Pejabat Eselon III Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Kalsel.  Para undangan, Dewan Juri, Official pendamping peserta dan panitia penyelenggara.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Prov. Kalsel, Heru Susmianto, selaku Ketua Panitia Pelaksana, dalam laporanya mengatakan, tujuan Festival Remaja Masjid adalah, Pertama, dalam rangka meningkatkan generasi muda yang aktif, kreatif, berilmu, mandiri serta mempunyai akhlakul karimah. Kedua, menumbuhkan budi pekerti, keimanan dan ketaqwaan sekaligus membentengi generasi muda dari pengaruh negatif perkembangan zaman.

Adapun Peserta berasal dari Kabupaten/Kota se Kalsel yang dibagi dalam 3 (tiga) kategori yaitu TKA, TPA, TQA dengan jumlah total sebanyak 477 (empat ratus tujuh puluh tujuh) peserta.

Cabang lomba yang dipertandingkan sebanyak 19 cabang lomba yang terbagi dalam 2 (dua) pelaksanaan, Virtual/Kirim Video dan Non Virtual.

Virtual/Kirim Video

TKA : Tartil Al-qur’an, Adzan dan Iqamah, Ceramah Agama Islam.

TPA : Tartil Al-Qur’an, Adzan dan Iqamah, Ceramah Agama Islam

TQA : Tilawah, Kisah Islami, Ceramah Agama Islam

 

Non Virtual

TKA : cerdas Cermat Al-Qur’an, Nasyid Islami, mewarnai gambar, peragaan sholat

TPA : Cerdas Cermat Al-Qur’an, Nasyid Islami, menggambar

TQA : Cerdas Cermat Al-Qur’an, Tahfizh Juz ‘Amma, Kaligrafi.

 

Pelaksanaan Lomba

Lomba secara virtual dilaksanakan penjurian pada tanggal 31 Oktober 2020 bertempat di Hotel Dafam Banjarbaru.

Lomba secara Non Virtual dilaksanakan pada tanggal 8 – 11 Nopember 2020 bertempat di Kiram Park, Kab. Banjar.

Dewan juri berjumlah 57 orang yang terdiri dari para Ustadz/Ustadzah, para qari/qari’ah, para praktisi yang sudah berpengalaman dalam bidang masing-masing.

Hadiah lomba

Panitia  menyediakan hadiah lomba berupa thropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan total Rp. 225.000.000,- (Dua ratus dua puluh lima juta rupiah).

Pembiayaan

Kegiatan Festival Remaja Mesjid ini sepenuhnya dibiayai dari APBD Prov. Kalsel Tahun Anggaran 2020 melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, Bidang Pengembangan Pemuda.

“Kami mohon maaf, apabila nanti dalam pelaksanaan Festival Remaja Mesjid dari tanggal 8 – 11 Nopember 2020 terdapat kesalahan ataupun pelayanan kami yang kurang memuaskan. Kami atas nama panitia penyelenggara mengucapkan terimakasih atas dukungan Bapak Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalsel sehingga acara pembukaan dapat terlaksana,” ujar Heru Susmianto.

Selain acara pembukaan juga dilakukan Penyerahan Trofi Juara Umum Daerah dari DPD BKPRMI Kota Banjarmasin kepada DPW BKPRMI Kalimantan Selatan kepada perwakilan DPD BKPRMI Kota Banjarmasin dari Ketua Umum DPW BKPRMI Kalsel didampingi oleh Ketua Harian DPW BKPRMI Kalsel. (Ais/Mzr)

 

 766 total views,  2 views today

Check Also

BPBD Kalsel Harus Punya Sistem yang Tepat Tangani Banjir

Firman Yusi (Foto/Yud/Ist) Banjarmasin, mediaprospek.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) menyarankan …