Ketua DPRD Kalsel : Kanal Desa Rintisan Diharapkan Cegah Banjir dan Jadi Alur Transportasi Alternatif

Ketua DPRD Kalsel H. Supian, HK (Foto/Humas DPRD Kalsel)

HSU, mediaprospek.com– Reses masa sidang ketiga DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan oleh Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dr (HC) H. Supian HK, SH, MH, dengan meninjau langsung pengerukan alur kanal sungai yang ada di Desa Rintisan Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kamis (29/10/2020).

Pengerukan alur sungai ini sendiri merupakan aspirasi dari masyarakat pada saat dirinya melaksanakan reses sebelumnya yang ditindak lanjuti pada saat reses kali ini.

Dari hasil pantauannya, dijelaskan H. Supian HK dari hasil pekerjaan sudah sekitar kurang lebih 50% selesai yaitu dengan jumlah panjang sekitar 30 Km, sudah terealisasi sekitar 15 Km yang diharapkan dapat mencegah banjir.

“Alhamdulillah sudah terealisasi 50%, dimana di sebelahnya juga akan ada jalan yang menyambung antara desa Danau Panggang dan Desa Paminggir.

Tuntutan masyarakat saat reses enam bulan yang lalu mengusulkan dibuat kanal supaya tidak terjadi banjir lagi dan ini jalur alternatif transportasi sungai dari desa Danau Panggang, Desa Paminggir menuju Sungai Barito,” katanya.

Sebagai putera asli desa Danau Panggang dirinya pun bersyukur telah banyak melakukan pembangunan di daerahnya, untuk tahun 2021 direncanakannya akan ada pembangunan jalan alternatif di samping kanal-kanal yang telah dikeruk.

“Tidak ada daerah tertinggal disini, saya penduduk asli, lahir dan dibesarkan pun disini, Pembangunan terus berjalan dan tidak ada ketinggalan, malah disini termasuk banyak pembangunan yang dilakukan seperti jalur Tampakan – Pal Batu sejak zaman belanda dan selama 64 tahun dirinya hidup yang dulu belum pernah dikeruk, sekarang sudah dikeruk,” jelasnya.

Dilain pihak H. Akhmad salah satu warga yang ditemui mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan direalisasikannya aspirasi maupun keinginan masyarakat akan jalur transportasi alternatif, yang juga diharapkan mencegah terjadinya musibah banjir.

“Saya sangat bangga sebagai masyarakat disini dengan adanya pengerukan alur ini dan berterima kasih telah direalisasinya aspirasi masyarakat sehingga diharapkan dapat menghindari banjir,” katanya. (Dnr/Mzr)

 1,242 total views,  1 views today

Check Also

BPBD Kalsel Harus Punya Sistem yang Tepat Tangani Banjir

Firman Yusi (Foto/Yud/Ist) Banjarmasin, mediaprospek.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) menyarankan …