Dispora Prov. Kalsel Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 92 Tahun 2020 dengan Sholat Hajat Bersama

Kadispora Prov Kalsel, H. Hermansyah (Kiri) menyerahkan hadiah dan uang pembinaan kepada Muhammad Ghalih (Tengah) sebagai Juara II Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Tahun 2020 Bidang Pendidikan. (Foto/Mzakir)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Syukuran memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92 Tahun disertai penyerahan hadiah pemuda pelopor Provinsi Kalimantan Selatan digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Kalsel di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu malam, (28/10/2020).

Acara  dimulai dengan sholat magrib berjamaah yang diikuti oleh jajaran Dispora Prov. Kalsel yang juga dihadiri para undangan, kemudian sholat hajat, setelah itu pembacaan kalam Ilahi oleh Muhammad Rizki Sholeh, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kadispora H. Hermansyah, Penyerahan hadiah Pemuda Pelopor Tahun 2020 dan tausiyah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Ust. Ahmad Sufian Al-Banjari.

Kadispora Prov. Kalsel,  Hermansyah, mengatakan, Dispora Prov. Kalsel dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2020, karena di tengah Pandemi Covid-19, tidak melakukan upacara seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan hanya dilaksanakan kegiatan syukuran saja.

“Kemudian kita melaksanakan sholat hajat dan berdo’a bersama kepada Allah SWT, mudah-mudahan pandemi ini agar segera cepat berakhir dan kegiatan-kegiatan kita semakin bisa kita dilaksanakan,” kata Hermansyah kepada Prospek.

“Ini adalah merupakan momentum yang sangat baik, artinya di Peringatan Sumpah Pemuda biasanya, Dispora Prov Kalsel tetap melaksanakan kegiatan, tetapi tidak dilaksanakan upacara secara terbuka.  Selain itu juga telah mengikuti upacara secara virtual dengan Presiden RI sekaligus peresmian TVRI Papua Barat. Tetapi kita tetap berkegiatan di tengah pandemi ini tidak ada kegiatan yang berhenti,” ucap Hermansyah.

“Kemudian hari ini juga kita laksanakan penyerahan penghargaan kepada pemuda pelopor tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Nah, ini menjadi bukti bahwa pemuda-pemuda pelopor kita bisa berprestasi di tingkat nasional,” ujar Hermansyah..

“Hari ini kita serahkan penghargaan kepada pemuda pelopor. Kita bersyukur kemarin pada saat kegiatan di Kemenpora RI, pemuda pelopor kita atas nama Muhammad Ghalih berasal dari Kab. Tanah Laut dinobatkan sebagai Juara II di bidang pendidikan di tingkat nasional. Tentunya kita bangga, kita memiliki pemuda yang kredibilitas, pemuda yang punya inovasi yang mempunyai semangat membangun banuanya. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan prestasi pemuda kita, songsong masa depan yang gemilang dengan bersatu untuk membangun banua Kalsel,” ungkap Hermansyah.

Kegiatan-kegiatan kepemudaan yang diselenggarakan oleh Dispora Prov. Kalsel nampak bernuansa religi. Hal ini dimaksudkan agar Pemuda Kalsel selain berilmu dan menguasai teknologi, tetapi juga harus dibekali dengan iman dan takwa. Sehingga ketika para pemuda berkegiatan, keimanan mereka juga tetap harus baik. “Jadi Disporanya sekarang selain kita menggelorakan semangat ilmu pengetahuan dan teknologi kita juga menggelorakan iman dan takwa,” kata Hermansyah.

“Banyak kegiatan-kegiatan keagamaan di Dispora sekarang, bukan berarti Disporanya sekarang menjadi Dispora Syari’ah, kelakar Hermansyah. Karena ada Futsal Remaja Mesjid, ada kegiatan pelatihan dakwah, manajemen dakwah. Ini tidak lain, tidak bukan sebenarnya untuk membekali para pemuda dengan benteng keagamaan, karena di revolusi industri 4.0 semua informasi, semua teknologi itu ada di jari kita. Kalau tidak kita bentengi remaja kita dengan iman dan takwa, maka jarinya akan menuju ke neraka dan itu tidak diharapkan. Jadi maksudnya itu bagaimana pemuda selain menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi juga memiliki keimanan dan ketakwaan yang baik,” imbuh Hermansyah.

Fokus pembangunan kepemudaan saat ini, menurut Hermansyah sudah sangat baik, tinggal mungkin bagaimana menghadirkan pemuda yang berkualitas dengan banyak berkegiatan dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan positif di Prov Kalsel.

Adapun Hasil Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Prov Kalsel Tahun 2020

Bidang  Pendidikan :

Juara I Muhammad Galih dari Kab. Tanah Laut, mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,-.

Sebanyak 5 (lima) orang hasil Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi telah ikut serta dalam seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. Muhammad Ghalih juga sebagai Juara II Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Tahun 2020 Bidang Pendidikan.

Juara II Muhammad Faisal dari Kota Banjarmasin, hadiah uang pembinaan Rp. 2.000.000,-

Juara III Rifa’i dari Kab. Tabalong, hadiah uang pembinaan Rp. 1.500.000,-

Juara IV Nor Habibah dari Kab. Banjar, hadiah uang pembinaan Rp. 1.000.000,-

Bidang Agama, Sosial dan Budaya :

Juara I Roselina Kesuma Wardhani dari Kab. Tanah Laut, hadiah uang pembinaan Rp. 3.000.000,-

Juara II Razanah dari Kab. Kotabaru, hadiah uang pembinaan Rp. 2.000.000,-

Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata :

Juara I Dendy Primanandi Rifani dari Kota Banjarmasin, hadiah uang pembinaan Rp. 3.000.000,-

Juara II Syaifuddin dari Kab. Banjar, hadiah uang pembinaan Rp. 2.000.000,-

Juara III Birhansyah dari Kab. Balangan, hadiah uang pembinaan Rp. 1.500.000,-

Bidang Pangan :

Juara I Nor Anisa dari Kab. Barito Kuala, hadiah uang pembinaan Rp. 3.000.000,-

Bidang Inovasi Teknologi :

Juara I Muhammad Mushlih, dari Banjarmasin hadiah uang pembinaan Rp. 3.000.000,- (Ais/Mzr)

 

 4,264 total views,  96 views today

Check Also

Wakil Rakyat Himbau Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak

(Ist) Banjarmasin, mediaprospek.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan mengimbau kepada masyarakat …