Di setiap Kunker Dewan Wartawan Diikutsertakan, Forum Diskusi Difasilitasi Sekwan

Dari kiri R. Dwi Suyono Jurnalis Yogya, Sekwan DIY Haryanta (tengah) dan Kabag TU Sekwan Kalsel, Riduansyah, (foto/Mzakir)

Banjarmasin, mediaprospek.com– Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) termasuk daerah yang luar biasa karena daerahnya memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri. Pasalnya Kepala Daerahnya sendiri adalah seorang Raja dan wilayahnya disebut juga sebagai miniaturnya Indonesia.

Kota Yogyakarta selain terkenal sebagai kota wisata juga dikenal sebagai kota pelajar, ada sekitar 300 sampai 400 ribu mahasiwa dari seluruh Indonesia yang belajar di Perguruan Tinggi (PT) di kota ini dan setiap tahunnya ada sekitar 3,7 juta wisatawan yang mengunjunginya. Namun pada masa pandemi Covid-19, kota Yogyakarta terbatas dalam menerima kunjungan wisata. Hampir seluruh tempat wisata tersebut dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Sekretaris DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Haryanta, S.H,  mengungkapkan hal itu kepada wartawan Prees Room DPRD Kalsel, usai pertemuan Kunjungan Kerja (Kunker) studi komparasi Sekretariat Dewan Kalsel di DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) , Senin, (19/10/2020).

Selanjutnya Haryanta mengatakan DPRD DIY beranggotakan 55 orang yang terdiri tujuh (7) fraksi dan empat (4) Komisi dan untuk kelancaran kegiatan para Anggota Dewan tersebut, Sekwan siap melayani semua anggota dewan tersebut.

Haryanta juga menjelaskan pengelolaan di bidang kehumasan, antara wartawan dan sekwan berjalan dengan baik dan saling terbuka. Keterbukaan tersebut, menurutnya, memberikan dampak yang positif dan mententramkan masyarakat. “Di sini bagaimana kita dapat membangun sinergitas untuk membuat kebijakan yang lebih baik” kata Haryanta.

Selanjutnya, R. Dwi Suyono Jurnalis Yogya, menjelaskan, di DPRD DIY ini, wartawan Prees roomnya ada 40 wartawan lokal dan Nasional, yang bertugas menyampaikan informasi baik untuk kepentingan DPRD ataupun masyarakat sendiri.

“Salah satu bentuk kerjasama kita dengan kehumasan, adalah di mana kita mengikuti kegiatan Komisi melakukan kunker di setiap bulannya dan apa yang diberikan adalah untuk meningkatkan kafabilitasnya sebagai lembaga, selain itu juga dapat meningkatkan pemikirannya yang disharekan oleh teman-teman media” kata Dwi sapaan akrab R. Dwi Suyono Jurnalis Yogya ini”, ujar Dwi.

“Begitu juga dalam setahunnya ada dua kali kegiatan prees tour, selain menyelenggarakan forum diskusi secara berkala, juga ada forum diskusi antar fraksi. Misalnya membahas ada 600 ton sampah perharinya di Yogya ini. Fraksinya bisa bergilir dan temanya boleh bebas apa saja, membahas permasalahan yang ada di setiap daerah yang dikunjungi oleh Dewan” ucap Dwi.

“Yang kedua, kegiatan Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan kafabilitas anggota dewan,” tambah Dwi.

“Pada Prees room sendiri memiliki lima komputer dan akses untuk menemui anggota dewan yang difasilitasi oleh humas, di samping saat ini DIY ada tiga kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada”, timpal Dwi.

“Pasa prinsipnya, apa yang diharapkan dari anggota dewan adalah pola pemikirannya terhadap sebuah kebijakan, ini adalah untuk peningkatan kualitas dan  anggota dewan itu sendiri. Sedangkan untuk mengatasi anggota dewan yang sering tidak hadir, maka forum bisa menggunakan pihak ketiga. Di samping di Yogya ini, ada Yogya Parlement  Watch yang tugasnya untuk “mengawasi” eksistensi anggota dewan tersebut,” tandas Dwi.

Pada sesi menjawab pertanyaan untuk take home pay, Haryanta menjelaskan pada Dewan DIY sendiri tidak ada take home pay. Sedangkan untuk Forum wartawan DPRD DIY, Forum dapat meminta Dewan atau Sekda yang difasilitasi Humas sebagai nara sumber membahas permasalahan yang ada. Setwan atau Pimpinan DPRD dapat mengadakan jumpa pers.

“Pada kegiatan Reses Dewan saat pandemi covid-19, Humas Sekretariat juga membantu penyaluran APD dari anggota Dewan. Sekretariat juga memberlakukan protokol kesehatan (prokes) dan untuk absensi bisa diaplikasi hp menggunakan wajah (tidak lagi pada sidik jari), namun absensi hanya dapat digunakan saat di kantor saja, aplikasi ini tidak bisa digunakan di rumah,” jelas Haryanta. (Ais.Mzr).

 908 total views,  2 views today

Check Also

Wakil Rakyat Himbau Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak

(Ist) Banjarmasin, mediaprospek.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan mengimbau kepada masyarakat …