BEM se-Kalsel Gelar Aksi Sikapi Satu Tahun Kepemimpinan Jokowi – Mar’uf

(Foto/Fuad)

Banjarmasin, mediaprospek.com– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Kalimantan Selatan menggelar aksi mimbar bebas untuk menyikapi satu tahun kepemimpinan Jokowi – Mar’uf, di Jalan Lambung Mangkurat, tepatnya didepan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, Selasa (20/10/2020).

Aksi ini diwarnai dengan pemberian raport merah terhadap kepemimpinan presiden selama satu tahun. Tak hanya itu mereka juga menuntut untuk pengeluaran Perppu agar membatalkan Undang-Undang Omnibus Law. Ini ditunjukkan lewat orasi dari BEM Se-Kalsel.

Sementara itu, menurut Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta pihaknya akan mengamankan untuk jalannya aksi demo tersebut. Ia juga turun langsung kelapangan untuk melihat pola pengamanannya.

Aksi unjuk rasa mahasiswa ini kata Nico berjalan kondusif sampai siang hari. Pihaknya telah mengamankan dua orang diduga penyusup demo dan sedang melakukan proses pemeriksaan.

“Ini sedang kita dalami,” jelasnya.

Lanjutnya, ia menginstruksikan aparat keamanan memperketat penjagaan mahasiswa dan lokasi sekitar aksi demonstrasi sehingga berjalan tertib dan aman hingga berakhirnya aksi serta tidak adanya provokasi.

Nico mengakui jumlah peserta demontrasi Jilid III ini mengalami penyusutan dari aksi yang sebelumnya digelar. Namun, pada prinsipnya dia menyatakan dukungan untuk demokrasi yang ada di Kalsel dengan ketentuan peserta harus tetap mematuhi koridor hukum.

“Kita persilahkan untuk mengajukan pendapat, usulan dan saran, yang penting tidak menyalahi aturan yang berlaku,” ucapnya.

Disisi lain, ia juga membeberkan bahwa akan ada aksi yang sama, yang digelar oleh organisasi buruh di Kalsel pada Kamis (22/10/2020). Dirinya pun telah menerima pemberitahuan tersebut dan menyatakan kesiapan untuk pengamanan nanti. (Dauf/Mzr)

 451 total views,  1 views today

Check Also

Wakil Rakyat Himbau Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak

(Ist) Banjarmasin, mediaprospek.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan mengimbau kepada masyarakat …