APBD Kalsel 2021 Terpangkas Rp. 300 Milyar

Kepala Bappeda Kalsel H. Nurul Fajar Desira

Banjarmasin, mediaprospek.com – Pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) maupun Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengalami pemangkasan sebanyak Rp 300 milyar.

Menurut Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK pemangkasan anggaran dilakukan oleh Pemerintah Pusat, hal tersebut dilakukan mengingat masih terdampaknya pandemi Covid-19.

“Mungkin nanti 10 persen di SKPD terkait akan dilakukan pemotongan,” ucapnya, Kamis (8/10/2020).

Ia mengatakan walaupun terdapat pemotongan anggaran, pihaknya tetap optimis dalam menggeliatkan perekonomian masyarakat apalagi dalam situasi pamdemi.

“Harus searah sejalan dengan harapan orang banyak,” ujarnya.

Ia mengingatkan agar semua pihak mendapat kesejahteraan bersama, jangan sampai ada yang tertinggal dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

Adapun poin penting yang harus diperhatikan bersama mencakup, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pembangunan dan sumber daya manusia.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan Ir, H Nurul Fajar Desira menjelaskan anggaran tahun 2021 diarahkan pada sektor pengembangan infrastruktur, pembangunan jalan serta jembatan penghubung Banjarbaru – Batulicin.

“Selain itu juga pada pengembangan UMKM, untuk pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19,” bebernya.

Ia menjelaskan UMKM yang bertahan pada saat ini yang sudah merambah dunia online, hal tersebut tentunya harus lebih didorong agar mampu bersaing dan melek digital.

“Mulai dari pemilihan bahan, produksi, sampai kepemasaran, kita akan ajarkan melalui pelatihan,” imbuhnya. (Yud/Mzr)

 

 1,216 total views,  4 views today

Check Also

Di setiap Kunker Dewan Wartawan Diikutsertakan, Forum Diskusi Difasilitasi Sekwan

Dari kiri R. Dwi Suyono Jurnalis Yogya, Sekwan DIY Haryanta (tengah) dan Kabag TU Sekwan …