Pilkada Sudah Memasuki Tahap Kampanye

Ketua DPRD Kalsel Dr (HC) H. Supian HK
Banjarmasin, mediaprospek.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Selatan sudah memasuki tahap masa kampanye, dilakukan oleh tim sukses masing-masing calon.

Tidak terkecuali anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel), sebagai perpanjangan tangan untuk ikut serta mensukseskan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

Menurut, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, mengacu peraturan pasal 4 tahun 2017 ayat 63, anggota dewan yang ingin melakukan kampanye harus meminta izin.

“Mewajibkan anggota dewan melakukan izin untuk melakukan kampanye kepada Ketua dewan,” Ucapnya, Kamis (1/10).

Begitu juga seterusnya, apabila Ketua DPRD ingin melakukan kampanye terhadap calon Gubernur dan Wakil Gubernur, juga di haruskan meminta izin kepada Kementerian.

Adapun izin tersebut berupa pemberitahuan kepada pimpinan, apabila akan melakukan kampanye terhadap calon yang sedang diusung.

“Misalnya calon ada melakukan kampanye, anggota dewan dapat mendampingi, asalkan ada izinnya,” Katanya.

Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, yang mengharuskan menjaga jarak, kampanye juga harus mematuhi protokol kesehatan, serta tidak mengumpulkan massa yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Lebih lanjut, dirinya pada hari ini sudah membuat surat pemberitahuan kepada 52 anggota dewan Kalsel, untuk mengisi izin dalam rangka melakukan kampanye.

Selain itu, dalam pemilihan kepala daerah Kalsel, 52 anggota DPRD Kalsel terbagi menjadi 2, dikarenakan terdapat 2 calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang bertarung memperebutkan kursi pemerintahan.

“Ada 41 kursi anggota dewan Kalsel yang berkoalisi 6 partai politik mendukung pasangan H Sahbirin Noor – H Muhidin,” Ujarnya.

Sedangkan 14 kursi anggota dewan Kalsel mendukung pasangan H Denny Indrayana – H Defri, yang bakal bertarung dengan petahana.

Ia juga menghimbau kepada seluruh anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan pada masa melakukan pendamping kampanye tidak meninggalkan kewajiban untuk melayani masyarakat.

“Sebagai wakil rakyat yang sudah mendapat amanah, harus di utamakan untuk rakyat, jangan sampai terabaikan,” harapnya.( Yud/Mzr)

 1,025 total views,  2 views today

Check Also

Di setiap Kunker Dewan Wartawan Diikutsertakan, Forum Diskusi Difasilitasi Sekwan

Dari kiri R. Dwi Suyono Jurnalis Yogya, Sekwan DIY Haryanta (tengah) dan Kabag TU Sekwan …