Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas

Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas, mengatakan, kasus Narkoba yang sedang melanda Kalsel saat ini, bukan merupakan masalah lokal, tapi sudah menjadi masalah nasional. Satu masalah bagi negara Indonesia, karena narkoba merupakan kejahatan yang sangat perlu dibasmi atau perlu ditindak lanjuti agar lebih bisa ditekan.

Suripno menandaskan, selama ini apa yang menjadi putusan pengadilan, mungkin tidak sesuai dengan harapan dan mengecewakan bagi masyarakat. “Walaupun demikian bagi kami selaku Wakil Rakyat menghimbau, meminta kepada aparat hukum, baik itu pihak kepolisian agar melaksanakan tugas dan fungsinya, sebagai garda terdepan untuk memberantas narkoba, bisa lebih dapat ditingkatkan lagi.

Suripno menjelaskan, bagi pihak kejaksaan yang menjadi eksekutor dalam menetapkan putusan, diharapkan agar lebih jeli terhadap kasus yang diangkat. Karena apabila putusan atau tuntutan masih dianggap ringan oleh masyarakat, itu akan berdampak bagi pengedar dan pemakai itu tidak akan merasa jera.

“Bagi penegak hukum lainnya yaitu yang memutus perkara, kita meminta untuk lebih mempelajari, lebih memperdalam, dasar-dasar langkah yang terjadi dan ini kita kaitkan dengan kondisi masyarakat yang sangat berdampak terhadap narkoba, untuk bisa memutuskan putusan setinggi-tingginya,” kata Suripno kepada wartawan usai rapat paripurna DPRD Kalsel internal, Kamis, (24/9/2020).

“Memang haknya eksekutor untuk menetapkan berat atau tidaknya perbuatan si terpidana tersebut. Nah itu hak mereka dan mudah-mudahan hak mereka ini juga sejalan dengan apa yang dipikirannya para hakim dalam rangka memutuskan. Kalau sejalan seperti ini, Insya Allah saya kira penegakan hukum, termasuk masalah pencegahan narkoba itu, dapat bisa berjalan dengan lancar dan baik. Tapi kalau masing-masing penegak hukum membuat persepsi yang berbeda, maka itulah mungkin salah satu kendala, yang mengakibatkan narkoba itu merajalela,” ungkap Suripno. (Mzr)

 2,715 total views,  2 views today

Check Also

Di setiap Kunker Dewan Wartawan Diikutsertakan, Forum Diskusi Difasilitasi Sekwan

Dari kiri R. Dwi Suyono Jurnalis Yogya, Sekwan DIY Haryanta (tengah) dan Kabag TU Sekwan …