BI Kalsel Gelar Karya Kreatif Nasional dan Gawi Borneo 2020

Kepala KPwBI Kalsel Amanlison Sembiring ( Kanan)

Banjarmasin, mediaprospek,com–Kepala KPwBI Kalsel Amanlison Sembiring, dalam siaran persnya Selasa, (15/09/2020) mengatakan, dalam rangka penguatan sinergi antar instansi dalam kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional khususnya yang mendukung pembukaan sektor produktif dan aman serta digitalisasi UMKM, ekonomi dan keuangan, KPwBI Provinsi Kalsel mendukung kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia melalui gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara nasional dan Karya Gawi Borneo 2020 di Kalimantan Selatan.

Amanlison Sembiring menandaskan, Karya Gawi Borneo 2020 merupakan wujud nyata sinergi pemerintah daerah, Bank Indonesia, OJK, perbankan, Dinas Koperasi dan UKM serta pelaku usaha di Kalimantan Selatan, dalam mendukung pengembangan kegiatan UMKM Kalimantan Selatan. Sekaligus membangkitkan dan menumbuhkan produktivitas masyarakat dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Hal ini sekaligus sebagai upaya dalam memperkenalkan, mempromosikan dan memperluas akses pasar produk-produk unggulan dari UMKM terseleksi di Kalimantan Selatan.

Amanlison Sembiring menjelaskan, dengan pelaksanaan launching digital marketing UMKM Kalsel secara virtual pada tanggal 15 September 2020, maka saat ini semua produk UMKM Kalsel terpilih baik jenis fashion, kuliner, herbal, handycraft, dan lainya dapat diakses dalam 1 (satu) laman penjualan landing page melalui marketplace blibli.com atau silahkan klik pada tautan https://www.blibli.com/promosi/gin-karya-gawi-borneo?appsWebview=true

Amanlison Sembiring memaparkan, rangkaian Karya Gawi Borneo 2020 secara virtual berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 15 sampai 17 September 2020 dengan hari pertama diisi kegiatan Launching digital marketing UMKM Kalsel pada landing page blibli.com. Dilanjutkan pada hari kedua menampilkan secara virtual Live expo UMKM Kalsel yang menampilkan produk-produk UMKM terpilih, kesenian tari dan fashion. Hari ketiga akan dilaksanakan kegiatan Webinar pembiayaan UMKM.

“Pelaksanaan kegiatan Karya Gawi Borneo 2020 diharapkan dapat menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan cara selalu menggunakan produk-produk buatan lokal Indonesia. UMKM maju, Indonesia maju dan bangga memakai produk-produk buatan UMKM lokal,” kata Amanlison Sembiring.

 

Penukaran Kolektif Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia

Selain itu, Amanlison Sembiring, mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 Tahun, Bank Indonesia telah mengeluarkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI pecahan Rp75.000 tahun emisi 2020 sebagai wujud ungkapan rasa syukur dan berbagi kebahagiaan kepada rakyat Indonesia. Tema UPK 75 tahun RI adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan dan menyongsong masa depan gemilang dengan desain yang menggambarkan pencapaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia Merdeka dan optimisme menyongsong Indonesia maju bermodalkan kebinekaan dan SDM Unggul.

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan telah membuka layanan penukaran UPK 75 Tahun RI secara individu sejak tanggal 18 Agustus 2020 dan kolektif sejak tanggal 25 Agustus 2020. UPK 75 Tahun RI ini dapat diimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI. Mekanisme penukaran individu dan khusus kolektif dengan minimal 17 orang dapat akses melalui aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id,” beber Amanlison Sembiring.

Adapun mekanisme penukaran kolektif Amanlison Sembiring menjelaskan, sebagai berikut,  Kelompok masyarakat menunjuk pihak yang akan mewakili mereka untuk melakukan penukaran dan menerima UPK 75 Tahun RI secara kolektif.

Pihak yang ditunjuk menyampaikan surat permohonan dan daftar pemesanan kolektif dalam format Ms. Excel melalui email ke UPK75_BANJARMASIN@bi.go.id.

Format surat permohonan dan daftar pemesan kolektif dapat diunduh pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id.

Pihak yang ditunjuk akan menerima notifikasi melalui email bahwa surat permohonan dan daftar pemesanan kolektif sudah diterima dan akan segera diproses.

Pihak yang ditunjuk akan menerima konfirmasi jadwal penukaran UPK 75 Tahun RI dalam bentuk bukti pemesanan melalui email.

Pihak yang ditunjuk datang secara langsung sesuai lokasi dan jadwal yang telah ditetapkan dalam bukti pemesanan.

Pihak yang ditunjuk wajib membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP asli pihak yang ditunjuk, surat permohonan asli, fotokopi KTP penukar yang terdapat pada daftar pemesanan dan bukti pemesanan yang diterima melalui email.

Siapkan uang tunai sejumlah nominal UPK 75 Tahun RI yang akan ditukarkan.

Penukaran di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dilakukan dengan tetap menjalankan protokol Covid-19.

“Informasi selengkapnya dapat dilihat pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id,” pungkas Amanlison Sembiring. (Rilis BI Kalsel)

 1,624 total views,  16 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …