Gubernur : Peran Pers Sangat Penting dalam Mengawal Jalannya Pemilu yang Bermartabat

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor serahkan secara simbolis 5000 masker kepada Ketua PWI Kalsel, Zainal Hemie (Foto/Jamil/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com– Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor usai membuka seminar bertema “Peran Pers mengawal Pemilu yang Bermartabat”, di gedung PWI Kalsel Banjarmasin, mengatakan bangsa yang berani adalah bangsa yang bermartabat. Bagaimana bangsa itu bisa sampai bermartabat maka proses demokrasilah yang telah memberikan gambaran melalui tahapan-tahapannya.

Maka ketika punya tekad semangat untuk menciptakan sebuah pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bermartabat, maka Insya Allah bangsa ataupun pemerintahan, khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan, diharapkan menjadi provinsi yang masyarakatnya bermartabat dan tentunya mempengaruhi terhadap proses pembangunan itu sendiri. Karena bangsa yang bermartabat, rakyat yang bermartabat adalah rakyat yang saling menghormati, saling asah, asih dan saling asuh untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara tentunya agama juga.

“Dan Insya Allah melalui seminar ini kita semakin dapat menyebarkan informasi serta edukasi terkait pentingnya peran Pers dalam mengawal jalannya Pemilu sebagai bagian dari proses berdemokrasi yang telah kita sepakati bersama,” tandas Gubernur H. Sahbirin . Senin, (14/09/2020).

“Saya fikir kegiatan ini bagus sekali dan mudah-mudahan memberikan implikasi kepada pembangunan mainset (cara berfikir) untuk menuju sebuah masyarakat yang bangga dengan daerahnya. Bangga sebagai masyarakat/rakyat banua tercinta kita Kalsel dan diwujudkan dalam sebuah pesta demokrasi yang gembira yang nanti Insya Allah melahirkan pemimpin yang kita harapkan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” kata Gubernur H. Sahbirin.

“Saya fikir awak media sangat paham sekali dan sangat mengerti dengan tugas pokok fungsinya bahwa wartawan itu menjadi penyeimbang. Seumpama dunia tanpa wartawan bagaikan sayur tanpa garam. Jadi media itu memberi warna yang nyaman, memberi warna yang enak, termasuk memberi warna kegembiraan, karena apa yang mau dikatakan oleh seseorang bisa sampai ke media menyambung komunikasi” ujar Gubernur H. Sahbirin yang akrab dikenal dengan Paman Birin ini.

Gubernur H. Sahbirin mengatakan, tidak ada orang yang cerdas tanpa ada yang bisa berkomunikasi. Seperti misalnya, orang yang pintar matematika, tapi tidak bisa memberikan ilmunya, kepada murid-muridnya dengan baik, dia tidak bisa dikatakan cerdas. Tapi kalau dia punya ilmu matematika dan dia bisa mewariskan ilmunya kepada anak generasi. Itulah baru dia menjadi generasi atau orang yang cerdas.

“Wartawan adalah bagian dari ilmu komunikasi. Hari ini berada tepat di zamannya, maka bisa beradaptasi mestinya adalah media dengan segenap keluarga besar PWI nya,” cetus Gubernur H. Sahbirin.

Sebelumnya, pada kesempatan itu, Gubernur H. Sahbirin Noor mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari beserta jajaran pengurus pusat di Banjarmasin ibu kota Kalimantan Selatan. Gubernur juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada insan Pers serta masyarakat pemantau Pemilu yang tetap konsisten mengawal jalannya demokrasi Indonesia termasuk di Kalsel.

Hadir dalam acara ini, Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari, Ketua masyarakat dan Pers pemantau Pemilihan Umum Pusat, Suprapto, Ketua PWI Prov Kalsel, Zainal Helmie,  Tokoh Pers dan anggota Dewan Penasehat PWI Pusat Gt. Pangeran Rusdi, Ketua Dewan Kehormatan PWI, Fathurrahman, Wartawan dan tamu undangan. (Ais/Mzr)

 

 

 

 836 total views,  6 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …