Jelang Pilkada, Baru Satu Anggota Dewan yang Mengundurkan Diri

Kasubbag AKD Kalsel, M. Andri Yuzhar (foto/Fuad)

Banjarmasin, mediaprospek.com – Hingga pukul 12 siang tadi secara administrasi baru satu anggota DPRD Kalsel yang menyatakan pengunduran diri melalui surat resminya. Ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Kalsel, M. Andri Yuzhar.

“Satu anggota Dewan, H Rusli dari Fraksi Golongan Karya telah memberikan surat pernyataan pengunduran diri dari jabatan sekarang untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini,” jelasnya.

Surat tersebut diterima pihaknya pada (31/8/2020) dan telah ditindaklanjuti oleh surat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kalsel pada (2/8/2020) serta telah diterima pimpinan DPRD Kalsel.

Kedua surat itu akan menjadi lampiran untuk diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, agar nantinya mendapat verifikasi terhadap calon pengganti nomor urut berikutnya, penggantian antar waktu (PAW).

“Hari ini akan kami kirimkan untuk diverifikasi, Proses di KPU akan berjalan selama lima hari paling lambat,” ujarnya, Jum’at (4/9/2020).

Ia mengungkapkan pihaknya belum mengetahui siapa yang akan menggantikan PAW tersebut. Karena berita acara di KPU Kalsel yang akan menentukan calon pengganti berikutnya PAW H Rusli.

Sementara itu, untuk mekanismenya ialah setelah DPRD Kalsel menerima berita acara  dari KPU Kalsel, paling lambat tujuh hari Dewan menyampaikan ke Gubernur Kalsel melalui Biro Pemerintahan .

“Dari Biro pemerintahan paling lambat memproses selama tujuh hari kerja,” terangnya.

Setelah berkas lengkap dan syarat administrasi PAW selesai baru disampaikan ke Dirjen Kementrian Dalam Negeri melalui Dirjen Otonomi Daerah .

“Baru keluar Surat Keputusan (SK) pemberhentian anggota DPRD dan SK pengangkatan PAW akan diterbitkan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia,” urainya.

Sehingga PAW adalah calon anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak, sesuai urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara Partai Politik, yang sama pada daerah pemilihan yang sama juga. Hal ini dilakukan karena wakil rakyat terpilih pada Pemilu sebelumnya diberhentikan atas usul Parpol yang menaunginya.[fuad/Mzr].

 1,106 total views,  3 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …