Seluruh Stakeholder Harus Berupaya Bangkitkan Perekonomian Banua

 

Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin (Foto/mzakir)

Banjarmasin, mediaprospek.com – Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus selalu diupayakan dalam meningkatkan perekonomian di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pasalnya, akibat pandemi Covid-19 yang sedang melanda Provinsi Bumi Lambung Mangkurat mengakibatkan menurunnya perekonomian dan juga PAD.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin SE yang akrab dengan sapaan Bang Dhin mengatakan seluruh stekholder harus terlibat dalam usaha mengembalikan perekonomian banua.

“Kita harus bisa optimalisasi pendapatan, yang mana perlu diketahui sekarang mengalami penurunan,” ujar Bang Dhin Kamis (27/8).

Hal tersebut juga berimbas pada anggaran belanja daerah yang mengalami pengurangan, akibat menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) pada masa pandemi Covid-19.

“Ini tugas kita bersama dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah,” ucapnya.

Ia menegaskan hal tersebut jugalah yang diminta rekan-rekan DPDR Provinsi Kalsel kepada Pemerintah Provinsi, untuk meningkatkan PAD dan berjalan dengan baik.

Lanjutnya, anggota Dewan Kalsel juga meminta Pemerintah Provinsi Kalsel dalam anggaran perubahan bisa menyentuh langsung terhadap masyarakat, terutama penanganan Covid-19, pemulihan perekonomian, kesehatan, maupun pendidikan.

“Kami juga akan terus mendukung dan membantu segala upaya Pemprov untuk meningkatkan pendapatan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Prov. Kalsel, Fajar Desira mengatakan pada anggaran perubahan pemerintah akan berfokus pada penangangan Covid-19 yang sedang melanda.

“Meski terdapat penurunan pendapatan, kita tetap berusaha untuk memutus rantai penyebaran Covid,” katanya.

Ia juga menghimbau kepada instansi kesehatan agar terus berfokus dan berjuang melawan pandemi Covid-19, apalagi hingga saat ini belum ditemukan vaksin.

Selain itu, pihaknya juga menjaga kestabilan daya beli masyarakat agar tidak mengalami keterpurukan perekonomian akibat pandemi Covid-19.

“Kita juga upayakan UMKM tetap berjalan agar bisa bertahan,” ujarnya.

Lanjutnya, berkaitan dengan infrastruktur pembangunan akan tetap berjalan, sehingga masyarakat yang menggantungkan hidupnya dapat bekerja.

Ia juga mengakui untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dirasa cukup berat, akan tetapi hal perlu diperjuangkan, dengan memasuki new normal pihaknya sudah menemukan harapan besar melalui sektor pajak yang mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah, Tren pendapatan melalui pajak-pajak sudah mulai naik,” pungkasnya. (Yud/Adt/mzakir)

 326 total views,  2 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …