Pelaksanaan Pilkada di Masa Pandemi, KPU Tunggu Regulasi Baru

 

 

Ketua KPU Kalsel  Sarmuji

Banjarmasin, mediaprospek.com – Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan, masih belum bisa bergerak secara leluasa. Ini disebabkan belum adanya regulasi yang mengatur pelaksanaan swab test bagi calon kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Sebelumnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel telah memberikan masukan kepada KPU Kalsel, akan penting dan perlunya melakukan hal tersebut.

“Jika bakal calon positif Covid-19 wajib dikarantina, selanjutnya bagaimana persoalan ini belum ada regulasi yang mengatur hal tersebut,” terang Ketua KPU Kalsel, Sarmuji usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPRD Kalsel, Rabu, (26/8/2020).

Lanjut Sarmuji, tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapasalon) dimulai pada tanggal 4 sampai 6 September 2020 mendatang. Usai mendaftar, mereka wajib melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu revisi Peraturan KPU (PKPU) dan Petunjuk Teknis (Juknis) yang berkenaan dengan swab test.

“PKPU dan Juknis baru harus mengakomodir itu, sehingga kita dapat melaksanakan,” jelasnya.

Mengenai hasil test tersebut, jika bakal calon tersebut dinyatakan positif Covid-19, maka wajib menjalani karantina selama 14 hari dan seterusnya sampai dinyatakan sembuh.

Apabila dinyatakan positif ini berkepanjangan dan mungkin ada batas waktunya yang bersangkutan apakah masih memenuhi syarat atau tidak hal ini yang perlu kejelasan dalam aturan baru nantinya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad.

“Aturan berkenaan dengan pemeriksaan kesehatan bagi calon yang mendaftar harus jelas diatur dalam PKPU nantinya dan jangan sampai multitafsir,” ujarnya.

Tambahnya, bisa saja terjadi pada orang tidak sakit atau orang tanpa gejala (OTG), sehingga dikhawatirkan menimbulkan kerawanan bagi pendukung maupun calon bersangkutan.[fuad/Mzr]

 175 total views,  2 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …