Khairul Saleh – Habib Ali Penuhi Syarat, Maju di Pilwali Banjarmasin

 

SAH – Bapaslon Khairul Saleh-Habib Ali Kantongi Tiket Jalur Perseorangan di Pilwali Banjarmasin 2020. (Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com – Bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020, Khairul Saleh-Habib Ali Alhabsy resmi untuk maju dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Banjarmasin 2020 setelah mendapatkan tiket untuk maju melalui jalur perseorangan.

Hal ini berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan perbaikan bakal calon perseorangan dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota tahun 2020 tingkat Kota Banjarmasin yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, di Hotel G’Sign jalan A.Yani Kilometer 5 Banjarmasin, Jumat (21/8/2020) petang.

Berdasarkan rapat pleno itu, bakal pasangan calon (bapaslon) Khairul Saleh- Habib Ali dinyatakan memenuhi syarat untuk maju dalam Pilwali Banjarmasin 2020.

Seperti diketahui bapaslon Khairul Saleh-Habib Ali awalnya mengajukkan sebanyak 40.879 syarat dukungan atau e-KTP warga Banjarmasin. Setelah diverifikasi, yang memenuhi syarat hanya berjumlah 35.433.

Seperti yang dilansir kalselpos.com, syarat untuk bisa maju dalam Pilwali nanti melalui jalur perseorangan sendiri, minimal mengantongi 38.003 syarat dukungan, atau masih kurang sebanyak 2570.

Oleh KPU Banjarmasin, pasangan Khairul Saleh-Habib Ali pun diminta melakukan perbaikan dengan menyerahkan berkas perbaikan sebanyak 2570 syarat dukungan dan kemudian dikali dua yakni menjadi 5140.

Lantas Khairul Saleh-Habib Ali pun mengumpulkan sebanyak 9000 syarat dukungan perbaikan, dan kemudian yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual berjumlah 8.881.

Dari 8.881 syarat dukungan yang dilakukan verifikasi faktual di tersebut, diketahui yang memenuhi syarat sebanyak 8.225.

Hasil 8.225 ini pun dijumlahkan dengan hasil rekapitulasi sebelum perbaikan yakni 25.433 sehingga hasilnya adalah 43.658 atau sudah melebih syarat minimal yakni 38.003.

Dengan demikian maka bapaslon Khairul Saleh-Habib Ali pun dinyatakan memenuhi persyaratan untuk maju dalam Pilwali nanti. Dan ini juga berarti bahwa Pilwali Banjarmasin 2020 pun bakal dimeriahkan dengan calon dari jalur perseorangan.

Khairul Saleh pun begitu mensyukuri hasil tersebut terlebih menurutnya melebihi syarat yang ditentukan.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil pleno kedua ini, syarat sudah melebihi batas minimal dan kita dinyatakan bisa mendaftar di Pilwali Banjarmasin 2020. Terima kasih kepada PPS dan masyarakat yang sudah mendukung kami,” ungkapnya.

Pria yang juga saat ini terhitung masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin ini pun memastikan dirinya akan mendaftar sebagai bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin dan Pilwali nanti.

“Insya Allah kami akan mendaftar antara tanggal 4-6 September 2020,” katanya.

Ditambahkannya jua dirinya pun akan pensiun per 1 September 2020, atau bebeapa hari menjelang pendaftaran.

“SK pensiun per 1 September 2020, jadi awal September nanti kami akan mulai melakukan persiapan proses administrasi dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah mengatakan bapaslon Khairul Saleh-Habib Ali sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan pendaftaran.

“Berdasarkan pleno hari ini, maka bapaslon ini memenuhi syarat dan dipastikan bisa maju ke tahap selanjutnya untuk pendaftaran. Artinya kita pun sudah mendapatkan satu pengantin yang bisa maju dalam Pilwali nanti,” ujar katanya usai pleno.

Ditambahkannya, bapaslon Khairul Saleh-Habib Ali pun nantinya diharuskan mendaftar sebagai bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 pada 4-6 September mendatang.

“Pendaftaran dimulai 4-6 September, dan untuk jalur partai politik juga sama,” pungkasnya. (Ahmad Fauzie/rel/ Zakiri)

 

 314 total views,  3 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.