Panti Asuhan se Kalsel Alami Penurunan Donatur, Komisi IV akan Perjuangkan di APBD

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, H.M Luthfi Saifuddin (Foto/Mzr)

Banjarmasin, mediaprospek.com – Selama pandemi Covid 19 yang melanda wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berimbas pada menurunnya donatur kepada beberapa Panti Asuhan.

Menurut Pengurus Panti Asuhan Insanul Kamil, Ilyannoor mengatakan masa pandemi Covid 19 terdapat penurunan donatur yang drastis.

“Dalam seminggu itu belum tentu ada yang datang untuk memberi donatur,” ujarnya saat koordinasi dengan Komisi IV DRPD Provinsi Kalsel, Jumat (14/8/2020).

Ia mengucapkan syukur kepada para donatur yang pada setiap hari Jumat memberikan sebagian rezekinya berupa konsumsi kepada panti asuhan.

Sedangkan untuk donatur dalam bentuk materi jauh berkurang sebelum pandemi covid 19, padahal memasuki tahun ajaran baru sangat membutuhkan dana operasional.

Pertemuan dengan Komisi IV DPRD Kalsel adalah momentum yang baik dalam menyuarakan kesulitan yang sedang dihadapi oleh panti asuhan. Apalagi hal tersebut berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mengharapkan adanya bantuan dana dari Pemerintah Provinsi dan Dinas Sosial untuk operasional panti asuhan,” katanya.

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Forum Panti se Kalsel, Hanafi, mengatakan pihaknya akan berusaha membuat usulan kepada pihak terkait dengan bantuan anggota dewan untuk meringankan beban yang sedang dialami panti asuhan.

“Kita berharap dari donatur, selama bulan Ramadhan saja hampir tidak ada undangan,” bebernya.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh panti asuhan untuk melengkapi administrasi, sehingga terakreditasi dan dapat diusulkan menerima bantuan.

“Mereka punya data, administrasi lengkap, sehingga dapat diusulkan menerima bantuan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, H.M Lutfi Saifuddin, mengatakan, kewajiban untuk membantu keberlangsungan panti asuhan adalah tanggungjawab bersama.

“Ini adalah amanah, kita harus memelihara sekaligus menyantuni anak yatim,” ucapnya.

Melalui Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel akan berusaha mengusulkan berupa bantuan sosial dalam bentuk hibah terhadap panti asuhan.

“Walaupun ini hanya bisa membantu dalam operasional panti asuhan, Insya Allah kedepannya akan terus kami perjuangkan,” paparnya.

Ia mengharapkan keberadaan panti asuhan dapat bertahan dimasa pandemi Covid 19 dan uluran tangan donatur agar dapat terus mengalir. Selain itu pihaknya juga akan mendorong dalam pembahasan untuk mendapatkan sentuhan APBD. (Yud/Adt/Mzr).

Loading

Check Also

Jelang Kontra Australia di Piala Asia U-23 Hari Ini, STy Akui Kondisi Timnas Indonesia Menurun

Mediaprospek.com – Setelah kontra tuan rumah Qatar , timnas U-23 Indonesia akan menjalani pertandingan hidup …