Sekolah Swasta Harus Punya Inovasi Baru untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Komisi IV saat memediasi antara Sekolah Swasta dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel di ruang rapat DPRD Kalsel, Kamis (13/8/2020). (Foto/Yud/Adt)

Banjarmasin, mediaprospek.com -Sekolah swasta harus punya inovasi baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan guna menarik minat calon siswa. Mencuatnya polemik yang terjadi dari pihak Sekolah Swasta Kalimantan Selatan, menyebabkan berkurangnya minat calon siswa untuk masuk dalam mengenyam proses pembelajaran.

Pihak Sekolah Swasta telah mengkalim kehilangan banyak calon siswa untuk masuk dalam proses pembelajaran.

Untuk mengatasi polemik ini, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H.M Luthfi Saifuddin mengatakan, pihak sekolah swasta diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan peningkatan kualitas dan daya saing yang tinggi, tentunya akan meningkatkan minat calon siswa dalam menempuh pendidikan.

“Hal ini akan menumbuhkan minat orang untuk bersekolah di swasta,” jelasnya saat memediasi antara Sekolah Swasta dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel di ruang rapat DPRD Kalsel, Kamis (13/8/2020).

Selain tu, pihaknya juga akan mengevaluasi sistem yang selama ini diterapkan, agar kejadian yang sedang terjadi kedepannya tidak akan terulang kembali.

Dirinya juga mengkritik terhadap pembinaan oleh pihak Dinas Pendidikan Kalsel yang dianggap kurang koordinasi dengan Sekolah Swasta.

“Momentum ini dapat memperbaiki koordinasi antar kedua belah pihak,” katanya.

Ia mengharapkan polemik yang terjadi dapat segera teratasi, sehingga  tidak ada keresahan yang terjadi oleh pihak Sekolah Swasta.

Selain itu, terkait tudingan terdapatnya penculikan calon siswa swasta oleh Sekolah Negeri, pihaknya akan menelisik lebih dalam agar dapat terpecahkan.

“Kalau memang ada terjadi, ini suatu kondisi yang buruk dan harus cepat diselesaikan, dikarenakan dapat mencoreng dunia pendidikan kita,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, H M Yusuf Effendi mengatakan pihaknya akan selalu mengawal instansi sekolah, baik Swasta maupun Negara.

“Ini sebagai bahan kami untuk melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

Ia menjelaskan terkait polemik yang sedang dihadapi, itu terletak kepada pilihan calon siswa untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan keinginan.

“Karena itu pilihan, kita tidak bisa memaksakan kehendak,” katanya.

Adapun pihaknya akan senantiasa mengawal dan meningkatkan kualitas pendidikan sekolah, serta mengembangkan inovasi terbaru, guna menarik minat peserta didik.

Sekolah Swasta yang terdapat di Provinsi Kalimantan mengalami penurunan jumlah minat calon peserta didik dalam melakukan proses pembelajar.

Menurut Ketua Forum  Kepala Sekolah Madrasah Muhammadiah Kota Banjarmasin,  sekaligus Kepala Sekolah SMA Muhammadiah 1 Kota Banjarmasin, Abdul Gani membeberkan terhitung sejak tahun 2017 siswa yang masuk Sekolah Swasta mencapai 900 peserta didik.

“Pada tahun 2018 tedapat kurang lebih 800 peserta didik,” ujarnya.

Ia menjelaskan pada tahun berikutnya, pada tahun 2019 ada sekitar 700 peserta didik yang mengenyam pendidikan di Sekolah Swasta khusus untuk Kota Banjarmasin, sedangkan untuk tahun 2020 hanya mencapai 600 orang peserta didik.

“Ini jelas penurunan jumlah peserta didik,” katanya.

Ia menjelaskan perlu adanya penerapan sistem di lapangan yang harus benar-benar diterapkan agar dapat menyelesaikan polemik yang sedang dihadapi pada saat ini.

“Kita tidak menyalahkan sistemnya, akan tetapi pelaksaan di lapangan yang perlu diawasi,” ucapnya.

Adapun setelah melakukan pemeriksaan oleh pihaknya terhadap penurunan minat calon siswa di Sekolah Swasta, terdapat perebutan peserta didik oleh sekolah negeri, padahal pendaftaran sudah ditutup.

“Kita punya data kontak yang bersangkutan, ternyata sudah diterima di sekolah negeri,” bebernya.

Pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat peserta didik dan program sekolah yang ditawarkan tidak kalah bersaingan dengan yang lainnya.  (Yud/Adt/Mzr)

 181 total views,  3 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.