Songsong Hari Kemerdekaan RI ke 75, Dispora Prov Kalsel Kembali Gelar Lomba Gerak Jalan Tahun 2020

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov Kalsel, Hermansyah (Foto/Ist)

Banjarmasin, mediapropsek.com – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-70. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar Lomba Gerak Jalan di Siring 0 km Banjarmasin, Sabtu (8/8/2020).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, H Abdul Haris Makkie mengatakan, pelaksanaan kegiatan gerak jalan ini tidak hanya sekedar kalender tahunan atau acara ceremonial saja. Tetapi ada makna yang lebih jauh di dalamnya.

“Karena itu, ini tidak hanya sekedar seremoni atau rutinitas melaksanakan gerak jalan. Tetapi kita ingin mewarisi semangat kejuangan dari para pejuang-pejuang kita, para pendiri bangsa kita,” kata Haris saat membacakan sambutan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin.

Menurutnya, konteks pelaksanaan gerak jalan ini adalah semangat kejuangan dan semangat untuk tegak berdiri sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan harus menjadi bagian dari kehidupan kita semua sebagai anak bangsa.

“Sehingga negara dan bangsa ini dapat berdiri sejajar dengan negara-negara yang sudah maju. Kita ingin negara kita maju diatas kakinya sendiri,” tuturnya.

Untuk itu, Ia menambahkan, semua itu memerlukan gotong-royong. Karena menurutnya, tidak ada pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan kalau semua mau melakukan secara bersama-sama.

“Kita tidak boleh saling menyalahkan, tidak boleh saling melemahkan. Tetapi kita bergotong royong dalam satu kesatuan didalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Haris.

Ia juga berharap, melalui gerak jalan ini dapat menjadi wahana untuk menjalin dan mempererat silaturahmi, memupuk kebersamaan, persatuan dan semangat untuk keluar dari bencana wabah covid-19.

“Semoga kita dapat segera mengakhiri masa-masa sulit akibat pandemi covid-19 ini, sehingga kita dapat kembali ke kehidupan seperti sedia kala dan dapat kembali berjuang mewujudkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakan Hari Proklamasi Republik Indonesia ke-75 sekaligus Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-70.

“Ini menandakan, bahwa kita sebagai warga negara Indonesia tetap semangat menggelorakan kemerdekaan dengan lomba gerak jalan yang diikuti seluruh lapisan masyarakat dan dilaksanakan selama dua hari,” katanya.

Ia menuturkan, walau di tengah pandemi Covid-19 tetap bisa melaksanakan kegiatan lomba gerak jalan dalam memeriahkan 17 Agustus dan kegiatan ini sudah sesuai edaran yang disampaikan sekretariat negara yakni dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan protokol kesehatan untuk kegiatan lomba gerak jalan seperti siapkan tempat cuci tangan, pakai masker dan face shield,” pungkas Herman.

Adapun kegiatan lomba gerak jalan ini belangsung selama dua hari dan diikuti 74 regu, dari tingkat SD ada 8, SMP ada 15, SMA ada 22 dan ada yang dewasa putra dan putri.

“Terkait dengan jarak juga kita coba kurangi untuk menghindari kerumunan-kerumanan orang. Jadi jaraknya tidak seperti tahun kemarin, anak-anak SD dan SMP jarak tempunya cuma 4 Km dan tingkat SMA 8 Km. Dan untuk golongan dewasa tidak 45 Km lagi tapi cuma 23 Km, namun mereka disini terlihat cukup antusias dan banyak dan Alhamdulillah kegiatan bisa kita laksanakan di tahun ini,” imbuh Hermansyah dengan gembira.

“Jumlah peserta tahun ini dikurangi dengan menyisakan sebanyak 74 peserta, itupun termasuk sudah cukup banyak, ternyata antusiasme warga Kalsel untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar,” terangnya.

Selain menggelar lomba gerak jalan, Dispora Kalsel juga menggelar beberapa event, karena terkait 17 Agustus dan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan. Walaupun banyak terjadi pangkasan-pangkasan, tapi ada beberapa kegiatan yang tetap dilaksanakan.

“Sementara ini yang sedang akan berlangsung adalah kejuaraan catur tingkat provinsi. Kemudian ada rencana lagi Kejuaraan Futsal antar SKPD dan Kuntaw. Sehingga kita pilihlah event-event yang bisa kembali menggairahkan semangat olahraga di Kalsel secara pelan-pelan, sedikit demi sedikit,” sebut Hermansyah.

“Dan karena kita saat ini menghadapi era new normal, ini kan harus kita hadapi dengan bijak dan tetap kedepankan yang paling penting adalah protokol kesehatan, itu yang penting sekali, mulai dari jaga jarak, kemudian siapkan tempat cuci tangan, pakai masker dan pakai face shield,” pungkas Hermansyah. (Ari/Mzr/Ais).

 

 379 total views,  3 views today

Check Also

Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK Jangan Bernuansa Drama

  Oleh : Syahrir Irwan Yusuf, SH (Pengamat dan Praktisi Hukum) Dalam akhir pekan lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.