Swab Jangan Sampai Membebani APBD

Ketua Komisi DPRD Kalsel I Hj. Rachmah Norlias (Foto/Mzr)

Banjarmasin, mediaprospek.com—Dengan adanya beberapa Pejabat dan staf di lingkungan Pemprov Kalsel yang positif Covid-19, maka dalam hal ini Pemprov Kalsel akan melakukan Swab massal. Demikian juga DPRD Prov. Kalsel, seperti yang diberitakan akan melakukan Swab di lingkungan DPRD Kalsel pada Senin 10 Agustus nanti.

Namun diketahui biaya Swab ini berkisar Rp. 2,5 juta lebih sehingga untuk masyarakat biasa tidak akan mampu melakukannya, karena boleh dibilang cukup mahal. Oleh karenanya, untuk melaksanakan Swab di lingkungan Dewan hendaknya memperhatikan hal tersebut agar  tidak membebani APBD.

Ketua Komisi I Hj. Rachmah Norlias mengatakan, bagi kalangan Dewan yang mampu, silahkanlah untuk melakukan swab sendiri, namun untuk staf-staf itu yang akan diberlakukan. “Kalau yang mampu silahkan Swab mandiri atau secara pribadi, jangan sampai membebani APBD. Saat ini APBD banyak hal-hal yang lebih diperhatikan,” kata Hj. Rachmah Norlias, kepada wartawan, Kamis usai rapat Paripurna DPRD Kalsel, Kamis (06/08/2020) di Banjarmasin.

“Swab ini kan untuk kesehatan kita juga dan supaya kita tahu bagaimana kondisi kita, tapi kita peribadi sudah beberapa kali melakukan rapid test dan tidak masalah, tapi untuk Swab belum pernah lagi,” ujar Hj. Rachmah Norlias.

“Ada beberapa teman-teman anggota lain yang pernah melakukan Swab secara mandiri seperti Bang Dhin (sapaan akrab Wakil Ketua DPRD Kalsel) , yang pada prinsipnya, mendukung upaya ini.  Cuma dalam Swab nanti perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu membebani daerah, kalau dibanding dengan jumlah karyawan di Sekwan tadi. Mungkin saya pribadi memilih yang mandiri saja,” kata Hj. Rachmah Norlias.

 

Ditanyakan, terkait dengan rapat kerja dengan SKPD mitra Komisi I mengwnai Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), Hj. Rachmah Norlias, menjelaskan, disini Komisi I ingin lebih banyak mengetahui sejauh mana program-program yang telah dilaksanakan oleh SKPD ini dari dana yang ada, apakah  sudah memenuhi prioritas-prioritas yang telah diprogramkan.

“Ada beberapa, dari LPSE yang memang ada permasalahan, mungkin dari SKPD lain yang ada masih kurang memenuhi prioritas, yang memang harus dilaksanakan,” jelas Hj. Rachmah Norlias.

“Jadi dari Komisi I yang duduk di Banggar (Badan Anggaran) nanti, akan memperjuangkan keinginan-keinginan mereka dan besok kita akan mengundang Badan Kepegawaian Daerah (BKD), DisDukcapil, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” terang Hj. Rachmah Norlias. (Ais/Mzr).

 

 173 total views,  1 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.