H. Rusli Sampaikan Pemandangan Umum Fraksi Golkar mengenai Tiga Raperda Inisiatif

H. Rusli (Foto/ Humas DPRD Kalsel)

Banjarmasin, mediaprospek. com--Pemandangan Umum Fraksi Partai Golongan Karya yang disampaikan oleh H. Rusli terhadap tiga (3) buah rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif DPRD dari Komisi I, II dan IV Provinsi Kalimantan Selatan tentang desa wisata,  pengelolaan hutan penanganan wabah penyakit di Kalimantan Selatan, pada sidang Rapat Paripurna Senin, (3/08/2020), di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan.

H. Rusli mengatakan, Pertama, Raperda tentang Desa Wisata, Pembentukan kawasan pedesaan merupakan tanggung jawab pemerintah daerah sebagai strategi pembangunan dengan kerjasama pengelolaan potensi wisata di desa dalam rangka mewujudkan integrasi pemerintah desa, pemerintah daerah atau pihak ketiga.

“Yang tentunya, sebagai landasan di dalam pembahasan rancangan peraturan daerah ini tidak terlepas dengan esensi dasar yang telah diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan,” sebut H. Rusli,.

“Adapun harapan kami dari Fraksi Partai Golongan Karya dalam pembahasan lebih lanjut untuk benar-benar mengklasifikasi terhadap potensi sumber daya yang akan dijadikan Desa Wisata dan tentunya berkordinasi terhadap Pemerintah  Kabupaten yang terkait agar efektif dalam pelaksanaan peraturan daerah yang akan ditetapkan,” ujar H. Rusli.

Kedua, Raperda tentang Pengelolaan Hutan

H. Rusli menjelaskan, Upaya untuk pelestarian hutan tentunya sudah menjadi kewajiban bersama mengingat hutan yang ada saat ini sangat memprihatinkan sekali. Kalau di tahun 80-an hasil hutan yang ada di Kalimantan sangat dikenal dan cukup memberikan kontribusi dalam penerimaan pendapatan daerah, yang tentunya bagaimana keberadaan hutan sangat penting bagi kehidupan dan pelestarian lingkungan. Sehingga perlu ditingkatkan pengelolaannya agar dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

H. Rusli menandaskan, Fraksi Partai Golongan Karya mengapresiasi inisiatif Komisi II atas usulan rancangan peraturan daerah ini dengan tetap memperhatikan terhadap apa yang menjadi kewenangan dalam pengaturan perda ini yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi di samping itu juga perlu dilakukan kordinasi terhadap daerah wilayah terkait dengan pengelolaan yang diterapkan.

 

Ketiga, Raperda tentang Penanganan Wabah Penyakit di Kalimantan Selatan

Sejalan dengan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 bahwa Penyelenggaraan Pemerintah Daerah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, dengan tujuan peningkatan pelayanan dengan penyelenggaraan otonomi daerah tentunya harus mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas di daerah dari berbagai sektor pelayanan publik.

Pemerintah bertanggung jawab menyelenggarakan, mengatur, merencanakan dan mengawasi penyelenggaraan kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat, pembangunan kesehatan dilaksanakan atas azas kemanusiaan yang tentunya memberikan perlindungan penghormatan terhadap hak dan kewajiban serta meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang sebagai investasi sumber daya manusia yang produktif.

“Tentunya ini semua menimbulkan konsekuensi logis terhadap peningkatan kemampuan sarana dan prasarana yang memadai dari sumber daya manusianya maupun kemampuan keuangan daerah agar penyelenggaraan pencegahan penyakit-penyakit menular menjadi kewajiban pemerintah mulai dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten kota,” imbuh H. Rusli.

“Maka harapan Fraksi Partai Golkar agar dalam pembahasan selanjutnya mencermati landasan hukum yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular sehingga dalam peraturan daerah ini hal-hal apa yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi,” pungkas H. Rusli. (Ais/Mzr/ Tabloid Prospek Banjarmasin)

 

 223 total views,  4 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.