Home / Daerah / Dewan Kalsel Apresiasi Panen Perdana Ikan Bawal Bintang  

Dewan Kalsel Apresiasi Panen Perdana Ikan Bawal Bintang  

(Foto/Istimewa)

KOTABARU, mediaprospek.com – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan sangat mengapresiasi tentang keberhasilan panen perdana yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Kotabaru milik Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Selatan.

Budi daya pengembangan bibit ikan Bawal Bintang yang dipercaya dapat meningkat imun tubuh selama pandemi COVID-19. Apresiasi ini datang dari Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi. Ia mengatakan dari hasil kegiatan yang digelar di tambak ikan milik UPTD BBIP Kotabaru, Selasa (21/7/2020) ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi pihaknya sebagai pengawas kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Yang pasti saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini, dimana putra daerah kita berhasil mengembangkan ikan Bawal Bintang yang pertama di Kalsel, bahkan di Indonesia,” ujar paman Yani sapaan anggota DPRD Provinsi Kalsel usai turut serta memanen dan menabur bibit ikan Bawal Bintang di Keramba budi daya ikan UPTD BBIP Kotabaru.

Kegiatan yang dianggap perdana, namun bisa dikatakan panen raya (besar) ini di wilayah Kalimantan Selatan, menurut paman Yani, walaupun masih terdengar asing di telinga masyarakat nantinya, akan tetapi ikan jenis baru yang berhasil dikembangkan oleh UPTD Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Kotabaru seperti Bawal Bintang ini, dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

“Dilihat dari perkembangan ikan ini sangat sehat dan apabila dikonsumi, imunitas tubuh kita akan meningkat seiring masyarakat yang gemar makan ikan. Ini patut dicoba dan ini berhubungan juga dengan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Disamping itu pula, Ia menyebutkan untuk pengembangan bibit ikan yang tergolong jenis baru dan berhasil ini, Bawal Bintang juga nantinya diharapkan dapat dibudidayakan di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan yang berpotensi besar dalam sektor perikanan.

“Sehubungan dengan adanya kegiatan panen ikan Bawal Bintang ini, Kabupaten lain pun dapat ikut dalam mengembangkan potensi perikanan ini, seperti di kabupaten Banjar, Batola, Kotabaru maupun Tanah Laut,” paparnya.

“Kita patut bersyukur Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali berhasil pengembangan budidayanya dan ini patut diapresiasi,” tambahnya lagi.

Hal  senada juga diungkapkan Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Fadhli. Memurutnya, keberhasilan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dibidang budidaya komoditi bibit ikan laut segar yang dikelola langsung oleh Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Kotabaru dapat menjadi contoh serta bukti prestasi sebagai mitra bantu dari dinas dilingkupnya itu.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian yang telah dilakukan oleh BBIP Kotabaru dalam mengembangkan budidaya ikan Bawal Bintang ini, sekaligus menandakan bahwa ada, putra bangsa sebagai anak banua yang memberikan lebih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Fadhli.

Bahkan, Ia mengaku sangat senang dan menjujung tinggi keberhasilan ini sebagai UPTD milik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan. Karena telah banyak membantu mengembangkan populasi ikan baru ditambak yang telah disediakan.

“Salah satunya, komiditi ikan Kakap Putih yang telah berhasil dibudidayakan pengembangannya, dan ini pencapaian luar biasa sebagai UPTD penghasil perdana ikan Bawal Bintang,” katanya. (Rilis/*****)

 59 total views,  1 views today