Home / Ekonomi & Bisnis / Komisi IV Khawatir Banyak Sekolah Swasta Tutup

Komisi IV Khawatir Banyak Sekolah Swasta Tutup

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM.Lutfi Saifuddin

 

Banjarmasin, mediaprospek.com – Berlarut-larutnya situasi Covid-19, dikhawatirkan akan berdampak terhadap dunia pendidikan bagi anak-anak, orang tua dan sekolah swasta yang terancam bangkrut atau tutup.

Hal ini melihat kondisi penyebaran Covid-19 yang hingga kini belum jelas berakhirnya sampai kapan, tidak hanya terdampak pada perekonomian namun juga terhadap dunia pendidikan.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM.Lutfi Saifuddin mengatakan, dampak dari Covid-19 akan timbulnya angka kenaikan putus sekolah di Kalsel, sebagai akibat turunnya perekonomian orang tua.

Angka putus sekolah dan kuliah kemungkin besar akan bertambah, selain itu akan ada sekolah yang bangkrut atau tutup karena untuk membiayai operasional sekolahnya akan berat.

Karena banyak yang terdampak secara ekonomi termasuk sekolah, karena bagaimanapun dengan pembelajaran secara daring di rumah, roda perekonomian yang mengikuti dunia pendidikan akan stop, yang berdampak pada sekolah itu sendiri terutama sekolah swasta dan keagamaan akan tutup.

“Kalau sekolah negeri aman ada interpensi pemerintah, namun sekolah swasta dan keagaamaan ini yang kami khawatirkan akan bangkrut atau tutup,” ujar Lutfi di Banjarmasin, Senin (13/7/2020).

Makanya sering melihat banyak sekolah madrasyah dan pondok pesanteran memaksakan siswanya masuk kegiatan bertatap muka, ini untuk menggerakan roda ekonomi yang mengikuti dunia pendidikan supaya tidak bangkrut.

Dampak yang dperhatikan pemerintah yaitu dampak psikologi dimana anak-anak sudah stres, begitu juga dengan gurunya yang banyak tidak paham dengan pembelajara daring ini menimbulkan masalah sendiri dengan kejiwaan.

Terlebih lagi orang tua yang tingkatan sekolah di TK dan SD mendampingi anak-anaknya setiap hari, ini timbul kejenuhan dan ini harus dipikirkan, kalau pemerintah menganggap dunia pendidikan tidak terdampak.

“Ini kita khawatirkan akan timbul bencana yang lebih besar lagi,pemerintah harus serius menangani tidak hanya ekonomi saja tapi juga dunia pendidikan,”tegasnya.

Karena kehancuran dunia pendidikan efeknya akan lebih besar dari Covid-19,sebab kalau Covid-19 ada hitungan angka tapi kalau pendidikan ada ratusan ribu anak-anak yang terdampak. “Makannya Komisi IV DPRD Kalsel konsen terhadap penyelematan dunia pendidikan,” tegasnya.(rds/mzr)

 146 total views,  1 views today