Home / Daerah / Rapat Virtual, JMSI Kalsel segera Gelar Musda

Rapat Virtual, JMSI Kalsel segera Gelar Musda

Banjarmasin, mediaprospek.com- Pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar rapat secara virtual Sabtu (11/7/2020) malam.

Rapat daring ini dalam rangka menindaklanjuti hasil Musyawarah Nasional (Munas) JMSI Pusat yang baru digelar juga secara virtual pada 29 Juni 2020 lalu.

Di antara kesimpulan rapat yang dinilai urgen untuk segera direalisasikan adalah pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda), mengingat saat ini pengurus JMSI Kalsel masih bersifat sementara atau belum defenitif.

Sebelumnya, Milhan menyampaikan, beberapa hasil Munas JMSI Virtual kemaren adalah, masalah susunan kepengurusan JMSI Pusat yang senin akan diumumkan. Adapun catatan hasil Munas lainnya, adalah pertama, agar daerah segera menyelenggerakan Musda, yang nanti berita acaranya akan dikirim ke pusat yang menjadi salah satu persyaratan di Dewan Pers. Yang kedua, adalah kualitas organisasi, dimana seberapa besar peran keaktifan para anggota terhadap organisasi. Dan ketiga, yang sempat disampaikan JMSI Kalsel dalam Munas kemaren adalah, banyaknya anggota JMSI Kalsel yang belum mendapat verifikasi dari Dewan Pers. Oleh karena itu, menurut Milhan, JMSI Pusat dan Kalsel, akan berupaya membantu anggota JMSI Kalsel yang belum mendapat verifikasi.

“Mengenai Musda, JMSI Kalsel akan segera menggelar Musda dalam waktu dekat ini, menyusul daerah lain, seperti Aceh dan beberapa daerah lainnya segera menggelar Musda. Namun karena masih di dalam masa Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk berkumpul, maka Musda kemungkinan besar digelar secara virtual,” terang Pjs Ketua JMSI Kalsel, Milhan Rusli.

Menurut Milhan, dalam situasi pandemi ini tentu tak masalah Musda dilangsungkan secara virtual, apalagi Munas pertama akhir Juni kemarin juga dilaksanakan secara virtual. Bahkan Munas virtual JMSI mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Penasihat JMSI Kalsel, Fathurrahman yang ikut dalam rapat virtual ini berharap Musda digelar serentak se-Indonesia dalam waktu bersamaan. Bahkan ini dinilai semakin menguatkan jika JMSI memang berbasis di dunia virtual.

“Saya mengusulkan digelar Musda serentak secara virtual se-Indonesia. Usul ini bisa disampaikan Ketua JMSI Kalsel ke JMSI Pusat,” imbuhnya.

Kedua, JMSI hendaknya nantinya melakukan audensi, karena walau bagaimanapun, kita harus banyak merangkul dan melakukan konsulidasi,” tambahnya

Dalam rapat virtual ini juga mendaulat Kiki Ariansyah sebagai Ketua Panitia Musda. Terkait teknis kegiatan, termasuk Pra Musda akan disusun panitia.[mia/mzr]

 149 total views,  1 views today