Home / Daerah / Desa Danda Jaya Bersiap Ikuti Proklim Lestari, Andalkan Jamur Tiram

Desa Danda Jaya Bersiap Ikuti Proklim Lestari, Andalkan Jamur Tiram

Fahriana /Kadis LH Batola (Foto/Ahmad Fauzie)

Marabahan, mediaprospek.com– Setelah meraih predikat Utama pada Program Kampung Iklim (PROKLIM) di tahun 2019 oleh Kementerian LHK RI, Desa Danda Jaya yang berada di Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala (Batola) Kalimantan Selatan, bersiap mengikuti tahap lanjutan, yaitu Proklim Lestari pada tahun 2021 mendatang. Peran dari pemerintah Kabupaten serta masyarakat pun akan terus berkomitmen mewujudkan nya.

Desa yang telah memiliki kelembagaan dalam pengelolaan usaha mikro ini, mendapat binaan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batola dan DLH Provinsi Kalimantan Selatan.

Ada 13 desa yang menjadi binaan dari Desa Danda Jaya ini, yaitu Desa Karang Bunga,Desa Karang Indah, Desa Pantai Hambawang,Desa Jejangkit Muara,Desa Jejangkit Pasar Desa Kolam Kiri,Desa Pedalaman, Desa Panca Karya,Desa Sido Makmur Desa Sido Mulyo,Desa Karang Buah dan Desa Danau Karya.

Diyono / Kepala Desa Danda Jaya Batola (Foto/Ahmad Fauzie)

Dari sekian desa binaan yang ada di Kabupaten Barito Kuala ini, terdapat tiga  desa yang nantinya akan di ikutkan ke tingkat nasional,yaitu Desa Danau Karya, Desa Karang Bunga dan Desa Karang Indah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batola, Fahriana mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen memberi dukungan terhadap desa binaannya menuju Proklim Lestari.

Seperti yang dilansir kalselpos.com, “Desa Danda Jaya ini,telah meraih tingkat  Proklim Utama dan akan terus melanjutkan menuju Proklim Lestari,kami selaku Pemerintah Kabupaten Batola terus berkomitmen bekerjasama mengaktifkan  masyarakat serta pihak perusahaan untuk mendukung keberhasilan Proklim Lestari ini,” ucap Fahriana di Desa Danda Jaya belum lama tadi.

Sumini /petani jamur Desa Danda Jaya (Foto/Ahmad Fauzie)

Melalui program Kampung iklim ini masyarakat desa Danda Jaya telah mampu mandiri meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

Selain bidang pertanian dan perkebunan serta peternakan,desa ini, juga dikenal dengan budidaya Jamur Tiram nya. Tak hanya itu,mereka juga membuat aneka produk olahan berskala rumah tangga yang telah dipasarkan secara luas.

Kepala Desa Danda Jaya Diyono mengatakan, ada beberapa produk unggulan dari Desa Danda Jaya ini, diantaranya Jamur Tiram,Telur puyuh Biogas,Pupuk organik, Rengginang dan Roti.

Diantara produk unggulan itu, Jamur Tiram merupakan produk yang menjadi favorit utama dari Desa Danda Jaya ini, karena pemasarannya yang terus meningkat.

“Diantara produk unggulan yang menjadi favorit kami adalah Jamur Tiram, karena pemasarannya yang luar biasa sampai-sampai kami kekurangan stok,” ungkap Kepala Desa Danda Jaya, Diyono.

Budidaya jamur sendiri tidaklah gampang,bahkan jika musim panas produksi jamur akan menurun karna pertumbuhannya yang sedikit.

“Kalau musim hujan pertumbuhan jamur menungkat,namun jika musim panas panen jamur kami mengalami penurunan, sehari hanya dapat enam kilo bahkan bisa turun sampai empat kilo saja, dari seribu log jamur,” beber Sumini, salah seorang petani jamur Desa Danda Jaya.

Diharapkan melalui Program Kampung Iklim ini,masyarakat dapat berperan aktif,sehingga tingkat kesejahteraan dapat meningkat dan kelestarian alam pun dapat terjaga. (Ahmad fauzi/mzr)

 146 total views,  1 views today