Dukung UMKM, Kurir Hancap Hadir di Banjarmasin

Jasa kurir berbasis online Kurir Hancap, sebuah usaha yang dikembangkan seorang wirausaha oleh Hj. Khairiyahtul Anwar, SE, MM. (Foto/Ist)

Banjarmasin, Mediaprospek.com – Layanan pengiriman barang punya peran vital bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di suatu daerah. Terlebih pada masa pandemi covid-19 saat ini, peran jasa kurir sangat berarti bagi pelaku usaha seperti UMKM.

Di Banjarmasin sendiri jasa kurir berbasis online tumbuh subur seiring hadirnya usaha rintisan yang berinovansi. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat warga Banjarmasin mengembangkan usaha jasa kiriman secara online. Salah satunya adalah Kurir Hancap, sebuah usaha yang dikembangkan seorang wirausaha bernama Hj. Khairiyahtul Anwar, SE, MM.

Hj. Hj.Khairiyahtul mengatakan Kurir Hancap ( jasa antar cepat, red) merupakan usaha rintisan yang terinspirasi untuk membantu pendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM di Kalimantan Selatan, khususnya kota Banjarmasin. Pasca pandemi covid-19 sempat membuat pelaku usaha di sektor UMKM tertatih-tatih. Karena sempat mengalami kesulitan penjualan dan pengiriman barang.

Inilah yang mendorong perempuan yang juga akademisi ini, akhirnya mendirikan jasa pengiriman barang berbasis online. Disatu sisi dengan hadirnya Kurir hancap, memberikan kesempatan kerja bagi warga menjadi kurir jasa pengantaran. Karena sejak pandemi corona ini, banyak karyawan atau pekerja yang dirumahkan dan kena PHK

“ Saya melihat masih banyak yang UMKM yang kesulitan mendistribusikan produk olahan mereka, karena sebagian belum paham dengan jasa kurir berbasis online. Berangkat dari situlah saya dan beberapa kawan-kawan mencoba memberikan solusi bagaimana produk mereka bisa terkirim dengan cepat dan tepat kepada pelanggan. Salah satunya melalui jasa pengantaran lokal namun tetap mengedepankan profesionalisme, Kurir Hancap,” ucap Hj.Khairiyahtul Anwar, saat syukuran berdirinya usaha jasa antaran Kurir Hancap, yang bermarkas di kawasan  Komplek Mandiri Lestari Blok A2, Kelurahan Surgi Mufti, Banjarmasin, Senin siang (29/09/2020).

Menurut perempuan yang hobby traveling ini pihaknya memang menyasar pasar UKM di Banjarmasin fokusnya bukan sekedar melakukan pengiriman paket tapi meningkatkan penjualan produk UKM, mulai makanan, perabot rumah tangga, pakaian hingga  produk unggulan lainnya.

Manajemen Kurir Hancap sendiri akan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memperluas pasarnya. Langkah ini menjadi komitmen mereka agar para UMKM memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.

Kehadiran Kurir Hancap sendiri disambut gembira sejumlah pelaku UMKM.Salah satunya adalah Muttaqin, pengrajin kue khas banjar Bingka Rizmu di bilangan Antasan Kecil Timur. Karena jika beroperasi dalam waktu dekat akan membantu dirinya dan sejumlah UMKM lainnya. Karena dirinya tak kesulitan mencari tenaga pengantar, jika terjadi lonjakan order.

“ Kita menyambut baik dengan kehadiran Kurir Hancap, yang menjadi kurir antaran alternatif. Apalagi ini usaha rintisan warga lokal, yang sangat membantu para UMKM seperti kami. Kami apresiasif banget,” ujar Taqin. (***)

 150 total views,  2 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.