Home / Daerah / SMADA Banjarmasin Sukses Antar Lulusan Masuk UI Dan UNPAD

SMADA Banjarmasin Sukses Antar Lulusan Masuk UI Dan UNPAD

(Foto/Istimewa)

Banjarmasin, mediaprospek.com– – Diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), merupakan suatu impian bagi siswa SMA dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Tak heran jika banyak perguruan tinggi populer dan favorit diserbu lulusan sejumlah sekolah. Tak terkecuali dengan SMA Negeri 2 Banjarmasin.Ratusan siswa yang lulus di tahun 2020 pun membidik sejumlah PTN favorit mulai ULM hinggga Brawijaya Malang.

Hasilnya cukup kinclong, sekolah yang banyak melahirkan lulusan terbaik ini,mampu mengantar siswanya menembus perguruan tinggi nasional mulai Universitas Brawijaya Malang, Universitas Indonesia. Bahkan tahun ini prestasi Smada Banjarmasin semakin mengkilap, karena salah satu lulusannya, Fikri Husaini berhasil masuk Universitas Padjajaran Bandung. Lulusan Jurusan Bahasa ini berhasil diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  atau undangan khusus prestasi tanpa test. Bagi SMA Negeri 2 Banjarmasin ini merupakan yang pertama bisa mengirimkan lulusannya studi ke Universitas Padjajaran Bandung.

Prestasi lulusan SMAN 2 Banjarmasin menembus Brawijaya Malang, Universitas Indonesia hingga Universitas Padjajaran Bandung diapresiasi Walikota Banjarmasin. H.Ibnu Sina. Pria yang juga alumni Smada ini, mengaku surprise dengan prestasi bagus lulusan di sekolah yang pernah membesarkannya.

Bahkan Fikri Husaini, salah seorang lulusan kini diharapkan menjadi duta Smada ke Unpad Bandung , setelah diterima di Fakultas Ilmu Budaya , Program Studi Sastra Rusia. Mereka yang lulus dan kuliah di sejumlah perguruan tinggi terbaik tersebut, diharapkan kelak menjadi agent of change untuk kemajuan pembangunan di Kota Banjarmasin.

“ Alhamdulillah, Sebelumnya saya mengucapkan selamat dewan guru dan kepala sekolah yang telah mengantarkan putra-putrinya masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) . Tentunya ini kebanggaan bagi Banjarmasin, beberapa lulusan akhirnya bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih baik dan di perguruan tinggi terbaik seperti Brawijaya, Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran Bandung. Ini bisa menjadi motivasi adik-adik kelas mereka, untuk bisa mengikuti jejak kakak kelasnya.” ucap Ibnu Sina.

Ibnu Sina menambahkan memang prestasi tersebut bisa diraih sekolah ini bukan tanpa perjuangan. Ada proses dan sistem yang dibangun sehingga mampu menjadikan modal bagi para siswa untuk bisa lolos masuk ke PTN yang mereka inginkan. Karenanya apa yang sudah diprogram dengan baik oleh sekolah, hendaknya dilanjutkan untuk menunjang mutu pendidikan di Banjarmasin khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya.

Kepala Sekolah SMAN Banjarmasin, H.Mukeniansyah, S.Pd, M.I,Kom, mengaku bersyukur lulusan sekolah yang dipimpinnya ini memberikan prestasi membanggakan. Hal itu tidak terlepas dari peran dewan guru menjalankan program peningkatan mutu pendidikan yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan secara nasional.

“ Alhamdulillah, tentu ini upaya maksimal yang dilakukan para guru untuk mensupport belajar siswanya. sekolah mengadakan bimbel yang digelar sekolah mengikuti kebutuhan siswa. Ada yang bimbel khusus bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri umum. Siswa bisa memilih mengikuti bimbel yang mana sesuai keinginan dan kebutuhannya, misalnya MIPA dan Bahasa.” Terang Mukeniansyah.

Pola pendampingan bagi siswa di kelas akhir, tambah Mukeniansyah memang menjadi fokus program peningkatan kapasitas belajar siswa.Ini terus dikembangkan guna menunjang mutu pendidikan di sekolah. Skenario tersebut juga mengantar lulusan bisa bersaing dalam memasuki perguruan tinggi negeri. Terbukti tahun 2020 saja puluhan siswa lulus tanpa test mencapai 26 orang,ini akan ditambah mereka yang lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri. (**)

 130 total views,  1 views today