Home / Ekonomi & Bisnis / Siswa Diharapkan Manfaatkan Waktu dengan Perbanyak Belajar Via Online

Siswa Diharapkan Manfaatkan Waktu dengan Perbanyak Belajar Via Online

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, H.M. Lutfi Syaifuddin, Selasa (16/6/2020). (Foto/Ist)

 

Banjarmasin, mediaprospek.com–Sambil menunggu situasi dan kondisi benar-benar normal hingga dapat kembali bersekolah secara tatap muka langsung seperti semula, para siswa didik yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) disarankan agar benar-benar memanfaatkan pembelajaran via online yang materinya berikan oleh sekolah masing-masing.

Pasalnya, hal itu sangat bermanfaat sebagai kesiapan SDM dalam menghadapi persaingan global yang membutuhkan pengetahuan lebih mahir dalam menggunakan cara-cara berteknologi dan informasi.

” Jadi sambil menunggu kondisi pulih dan bisa bersekolah seperti biasa dengan tatap muka, pelajar harus rajin bersekolah melalui online dirumah masing-masing,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Syaifuddin, Selasa (16/6/2020).

Ketua komisi membidangi kesehatan dan pendidikan ini menegaskan, bagaimanapun juga sistem pembelajaran langsung secara tatap-muka, tidak bisa digeser dengan sistem apapun. Sebab, bersekolah langsung memiliki unsur pemenuhan kebutuhan untuk pengembangan pisikologi anak didik, seperti harus bergaul, interaksi serta bersosialiasi dengan sesamanya.

Sedang pembelajaran secara online saat ini yang diterapkan saat ini hanya bersifat sementara. Namun jika bersekolah langsung sudah diterapkan kembali, maka kurikulum pembelajaran online porsinya bisa ditambah atau ditingkatkan, semisal untuk tugas-tugas pekerjaan rumah pada malam hari dan lainya.

Dengan begitu generasi muda atau kaum pelajar lebih familiar lagi terhadap terknologi dalam menyongsong persaingan global khususnya era industri 4.0 yang akan semakin masif.

“Jadi sekolah bertatap muka langsung itu sangat penting dan tidak bisa rubah, seperti yang juga diterapkan di negara-negara maju lainnya. Karena sekolah tatap muka banyak memiliki unsur pemenuhan kebutuhan bagi anak didik,” tegas politisi Partai Gerindra ini.

Terkait sarana penunjang pembelajaran via online di Kalsel, Komisi IV DPRD sudah mengusulkan dan menyampaikan agar Dinas Pendidikan bekerja sama denga pihak provider  penyedia jasa  untuk memberikan internet secara gratis bagi pelajar sekolah dan jika usulan ini berhasil maka menjadi yang pertama di Indonesia. ” Kita sudah sampaikan ini kepada Disdik dan juga pihak Telkomsel dan jika berhasil Kalsel jadi pilot projek di Indonesia,” pungkas Lutfi. (Ipik/Mzr)

 131 total views,  1 views today