Komisi I Monitoring Kesiapan KPUD HSS Hadapi Pilkada 2020

Komisi I DPRD Prov Kalsel melakukan monitoring ke KPUD Kab. HSS  untuk kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember tahun 2020, Rabu (10/6/2020). (foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang. Untuk memastikan kesiapan dalam penyelenggaraannya, Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mulai melakukan monitoring ke beberapa daerah. Salah satunya mendatangi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Rabu (10/6/2020).

Ketua Komisi I Dra. Hj. Rachmah Norlias mengatakan, kunjungan kerja ke KPUD HSS selain untuk melihat dari dekat kesiapan KPUD Kab. HSS dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 9 Desember mendatang. Juga sekaligus mendengarkan masukan baik berbagai kendala yang dihadapi maupun usulan dan harapan terkait pelaksanaannya.

Ketua KPUD HSS Nida Guslaili Rahmadina, S.Pd, saat menerima rombongan Komisi I di Aula Kantor KPUD HSS mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan semua persiapan, antara lain telah melakukan sosialisasi dan membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun dengan kondisi pandemic Covid-19 ini menjadi tertunda sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2020.

Nida memaparkan, bahwa setelah dilakukan pemuktahiran data tahun 2019, jumlah data pemilih mengalami kenaikan dari sebelumnya 171.802 naik menjadi 174.564 angka sementara, yang tersebar di 550 TPS, yang dijaga oleh 550 orang petugas.

Dirinya berharap, nantinya seluruh petugas (PPK, PPS, dan KPPS) dapat diberikan APD sehingga memenuhi standar protokol Kesehatan, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Termasuk memohonkan adanya penambahan anggaran untuk honorer para petugas di lapangan.

“Kami telah melakukan sosialisasi dan membentuk PPK. Tinggal pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang belum”, ujar Nida seraya berharap segala keperluan mereka agar dapat dipenuhi dan mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah.

Menanggapai hal tersebut, wanita yang senang disapa ibu Hajjah Amah ini mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh KPUD HSS. Selanjutnya, semua masukan, saran dan harapan yang disampaikan akan menjadi bahan pembahasan dalam rapat Komisi I.

“Dengan kesiapan ini, kita berharap, KPUD HSS dapat mencapai target nasional dalam hal partisipasi pemilih yakni sebesar 77,5% ”, ujar politisi Partai Amanah Nasional Dapil 1 ini, yang diamini oleh anggota Komisi I lainnya. (mrh/humasdprdkalsel/Mzr)

 145 total views,  1 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.