Ketua Dewan Kalsel Reses, Serap Aspirasi Masyarakat Desa di Balangan

Ketua DPRD Prov. Kalsel  DR. (HC) H. Supian HK, saat melakukan reses dan serap aspirasi masyarakat 18 Desa di Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan, selama lima hari,  Senin, (7-11/05/2020). (Foto/Humas DPRD Kalsel/Ist)

Balangan, mediaprospek.com – Ketua DPRD Prov. Kalsel  DR. (HC) H. Supian HK serap aspirasi masyarakat 18 Desa di Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan pada kegiatan reses, Senin, (7-11/05/2020). Berbeda dengan pelaksanaan reses sebelumnya, kegiatan dilaksanakan melalui mekanisme door to door (dari pintu ke pintu_red), yaitu sesuai dengan prosedur standart pencegahan Covid-19, sehingga Ketua DPRD hanya mendatangi para Kepala Desa agar mencegah kerumunan massa.

Berlangsung selama 5 hari, kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memperoleh informasi atau aspirasi yang selanjutnya menjadi pokok-pokok pikiran DPRD sebagai bahan masukan pada rencana pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Menurut H Supian HK, dirinya langsung mengambil aspirasi masyarakat tidak hanya pada delapan desa tetapi langsung keseluruhan desa yang ada di Kecamatan Batu Mandi.

“Seyogyanya seusai peraturan dilaksanakan hanya delapan titik, akan tetapi sebagai bentuk tanggung jawab saya terhadap konstituen khususnya yang ada di Kecamatan Batu Mandi ini maka saya inisisatif langsung mengambil keseluruhan desa yakni ada 18 desa, yang ada di kecamatan ini dalam lima hari,” terangnya.

Dari beberapa hasil kegiatan reses ada beberapa hal penting mengemuka yang menjadi masukan diantaranya adanya usulan perbaikan tiga titik Dam/bendungan air yang telah roboh, pembangunan dam/bendungan yang menghubungkan antara desa Riwa dan Desa Batu Mandi, pembangunan jalan alternatif yang menghubungkan antara Kabupaten Balangan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) pada Kecamatan tersebut.

“Dibidang pertanian dan pengairan ada tiga titik dam yang roboh sehingga pada musim tanam tahun ini kami gotong royong membuat dam bendungan air sendiri dari kayu, dengan kehadiran Bapak disini kami berharap dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut, karena keberadaaan dam memiliki dampak postif untuk meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah kami,” ucap Kepala Desa Timbun Tulang.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan, H Supian mengatakan, akan melakukan respon dengan segera menyampaikannya kepada Pemprov Kalsel, “Merespon dengan baik aspirasi yang disampaikan langsung oleh para Kepala Desa, karena ini hajat orang banyak, maka akan kami tampung dan kami ajukan kepada Pemprov Kalsel ,” katanya.

Pada beberapa kesempatan tersebut politisi Partai Golkar ini pun juga menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama melakukan pencegahan Covid-19 dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, selain juga membagikan masker dan cairan hand sanitizer kepada para kepala desa. (Dnr/Mzr)

 126 total views,  2 views today

Check Also

Korban Terorisme Mendapat Kompensasi dan Santunan Negara  

Juru bicara Presiden RI Fadjroel Rachman Jakarta, mediaprospek.com–Negara telah menyetujui dan menyiapkan dana kompensasi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.