Home / Daerah / Hari Keenam Penerapan PSBB di Kota Banjarmasin,  Efektifkah Sudah ?

Hari Keenam Penerapan PSBB di Kota Banjarmasin,  Efektifkah Sudah ?

 Oleh :  Dhani, MITRA TNI POLRI

Rabu (29/04-2020)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) di Banjarmasin memasuki hari ke 6 dalam pelaksanaanya, apakah ini telah efektif ???, Apakah ini telah memutus rantai penyebaran Wabah Covid – 19 ???, Tentunya semua jawaban itu tidak bisa di jawab pada saat ini, kenapa ??? Karena masa inkubasi penyakit itu sendiri yang tergolong cukup lama, sekitar 7 sampai dengan 14 hari. Peningkatan kasus di beberapa hari ini adalah akibat dari masa penyebaran pada 7 sampai dengan 14 hari yang lalu tergantung daya kuat / imunitas tubuh seseorang merespon gejala virus tersebut.

Fakta di lapangan memang secara garis besar telah banyak memberikan efek kepada mobilitas serta aktivitas warga Banjarmasin dan sekitarnya, walaupun disana sini tetap saja memiliki kekurangan dan kelemahan.

Ada empat (4)  hal utama yang menjadi permasalahan dilapangan dalam penerapan PSBB yaitu, Pertama, masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi peraturan PSBB, banyak titik kumpul para anak muda / warga terutama di daerah pemukiman padat penduduk, masih lemahnya kesadaran warga dalam menggunakan masker dan menjaga jarak serta belum bisa mengurangi aktivitas yang tidak penting / urgent.

Kedua, koordinasi antara stakeholder yang terkait masih kurang efektif, terutama jajaran level kelurahan sampai dengan RT / RW serta lintas Instansi yang mana banyak pihak kurang tanggap serta kurang cekatan bahkan masih adanya rasa ego sektoral.

Ketiga, banyaknya organisasi / Kelompok yang bergerak sendiri-sendiri tanpa adanya koordinasi dengan pihak terkait, yang mana sangat disayangkan bila semua bantuan ataupun upaya membantu masyarakat cuma terfokus di beberapa lokasi / tempat saja.

Empat, Mental serta sikap para tokoh masyarakat, politik dan Tokoh LSM yang masih belum sinergi ditengah suasana wabah pandemik Covid – 19. banyak yang bermanuver ataupun memanfaatkan suasana untuk mengemban misi tertentu padahal seharusnya saat ini kita mesti bekerjasama dan bersinergi demi penanganan wabah ini.

Di samping empat (4) hal itu, ada hal penting juga yang perlu di jadikan perhatian secara bersama-sama, yaitu membantu masyarakat miskin serta masyarakat yang terdampak akibat mewabahnya virus Covid – 19. Memang pemerintah tidak ada kewajiban secara mutlak dalam hal membantu masyarakat yang terdampak, tetapi kita patut bersyukur kepada kepedulian pemerintah Kota Banjarmasin serta DPRD Kota Banjarmasin yang mana telah di sepakati pengalihan / penyiapan anggaran demi membantu masyarakat yang terdampak, nilainya pun tak main-main mencapai puluhan Miliar rupiah yang siap di gelontorkan demi membantu masyarakat kita yang kesusahan.

Berbicara kesusahan / kesulitan maka hampir semua elemen yang merasakan dampaknya. Tapi inilah saatnya mereka yang benar-benar memerlukan kita prioritaskan.

Semua permasalahan diatas adalah “PR” kita serta tanggung jawab kita semua, tak ada kata lain selain bersinergi, bermitra dan berupaya keras dalam menyelesaikan semua permasalahan diatas demi suksesnya penerapan PSBB di Kota Banjarmasin.

Terakhir, untuk kesuksesan PSBB di Kota Banjarmasin yang kita cintai ini di tentukan oleh 3 faktor utama yaitu Kepatuhan juga kesadaran Masyarakat Banjarmasin itu sendiri dalam melaksanakan semua aturan dan anjuran pemerintah, Sinergi semua pihak terkait dan juga sedapatnya daerah tetangga bisa melakukan tindakan yang sama yaitu menerapkan PSBB di masing-masing wilayah.

Sangatlah sulit berada dalam kondisi saat ini, banyak pihak yang berupaya keras dalam penanganan wabah ini, terutama pemerintah kota Banjarmasin dengan semua keterbatasan yang ada, berjibaku serta berlomba dengan waktu.

Tenaga, pikiran serta materi telah banyak kita keluarkan dan terkuras dalam rangkaian penanganan wabah covid – 19. Tinggal Doa serta semangat kita saja lah yang perlu kita jaga dan kita kuatkan.

Salam hormat terbaik kami kepada para petugas di lapangan dan juga Doa terbaik buat kita semua, semoga wabah covid -19 ini cepat berakhir dan berlalu. Aamiiiin Ya Rabbal Alamin.

Salam Mitra

 74 total views,  1 views today