Banjir Landa Haruai, Astra Agro Lestari Kerahkan Bantuan

Tanjung, mediaprospek.com – Di tengah masyarakat Kalimantan Selatan ingin menyambut Hari Pers Nasional 2020, musibah melanda Kabupaten Tabalong. Selama tiga hari sejumlah wilayah di Kabupaten Tabalong dilanda banjir.  Hujan lebat yang sempat melanda Tabalong mengakibatkan sungai Tabalong meluap.Kawasan Haruai, Bintang Ara dan Muara Uya pun tergenang banjir. Titik banjir terparah terjadi di Desa Batu Pulut, Kecamatan Haruai, lantaran genangan air sudah mencapai  setinggi atap rumah warga.Sejumlah warga pun terpaksa mengungsi ke sejumlah kawasan termasuk menumpang di kediaman kerabat dan keluarga. Meskipun begitu sebagian warga ada yang masih bertahan di rumahnya dan tidur di loteng.

Musibah banjir yang melanda Tabalong pun mengundang simpati berbagai kalangan, termasuk PT.Astra Agro Lestari 1. Sejumlah karyawan perusahaan perkebunan sawit ini pun langsung bergerak mengerahkan bantuan untuk meringankan warga yang terdampak banjir di Haruai. Pengerahan bala bantuan pun langsung dilakukan, mulai pengiriman relawan tanggap bencana hingga bantuan bahan makanan. Dipimpin Kasatpam PT Astra Agro Lestari 1(AAL1), Kristanto Siahaan , bantuan pun bergerak ke sejumlah titik. Dimulai dari Desa Hayup ( kampung Danau ) hinggga desa Nawin, yang terparah karena merendam ratusan rumah.

“ Ini merupakan salah satu bentuk solidaritas dan turut prihatin yang mendalam atas musibah yang dialami saudara-saudara kita di Haruai. Mudah-mudahan bisa meringankan beban warga yang terdampak banjir.” ucap Kristanto Siahaan, saat menyerahkan bantuan ke Desa Hayup dan Nawin, Kamis, (06/02/2020).

Bagi Astra Agro Lestari 1,tambah Kristanto, pengerahan bantuan semata-mata sebagai  wujud kepedulian keluarga besar mereka. Banjir di wilayah Tabalong dan sekitarnya menjadi perhatian para karyawan dan pimpinan di perusahaan perkebunan sawit ini.  Apalagi dampaknya begitu besar bagi warga yang menjadi korban banjir. Sebagai bentuk kepedulian itu AAL 1 terhadap masyarakat yang terdampak banjir, mereka juga menyiagakan sejumlah relawan untuk membantu proses evakuasi disamping menyiapkan bantuan sembako.

“ Alhamdulillah kami merasa terbantu dengan bantuan yang diberikan PT.AAL 1 ini. Kami bersyukur sekali, di saat dilanda cobaan dan kesusahan seperti ini, mereka datang membantu dan menghibur kami,” ungkap Charlis salah satu tetuha masyarakat Desa Hayup, Haruai, tak mampu menahan haru.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong, telah menetapkan status siaga satu penanganan banjir di wilayah tersebut .Terlebih Banjir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Tabalong sejak Rabu (5/2/2020) kemarin, belum juga surut. Wilayah terparah akibat terjangan banjir terjadi di beberapa titik di Kabupaten Tabalong. Pusdalops BPBD KabupatenTabalong melaporkan ada 7 desa yang terendam banjir dan mengalami kenaikan debit air. Bahkan, diantaranya akses jalan terputus. (*****)

 190 total views,  2 views today

Check Also

Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK Jangan Bernuansa Drama

  Oleh : Syahrir Irwan Yusuf, SH (Pengamat dan Praktisi Hukum) Dalam akhir pekan lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.