Gubernur Kalsel Berikan Atensi Khusus Infrastruktur Strategis Bandara Syamsudin Noor

 

 

Banjarbaru, mediaprospek.com – Gubernur Kalimantan Selatan,  H Sahbirin Noor, memberikan atensi khusus terhadap pembangunan infrastruktur strategis pada akses masuk terminal baru menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, di Banjarbaru.

Infrastruktur tersebut antara lain pembangunan ruas jalan dan  pemasangan rambu -rambu serta  penerangan jalan menuju akses masuk bandara.

Untuk  rambu 150 unit,  pembangunan pagar pengaman 100 meter RPPJ / petunjuk jalan 20 unit, warning light 26 unit, delinetor 306 unit, marka jalan 20 kilometer, dan PJU 58 unit dan telah selesai.

Selain membangun fasilitas rambu, memasang fasilitas keselamatan pengguna jalan pada akses jalan menuju terminal baru Bandara Syamsudin Noor. Akses jalan mulai dari Jalan Golf – Pintu Gerbang Terminal Baru Bandara sampai Jalan Karet. “Kita tetap berkomitmen untuk melengkapi  infrastruktur penting bagi kenyamanan dan keselamatan masyarakat menuju akses masuk ke terminal baru Bandara Syamsudin Noor, tutur Gubernur Paman Birin,– sapaan akrabnya.–.

Dikatakan Gubernur Kalsel, keberadaan bandara sangat penting bagi kemajuan daerah. Tak hanya aspek ekonomi tapi juga etalase daerah. Selain pembangunan akses jalan yang telah ada,  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bakal membuat jalan baru menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor. Jalan tersebut jaraknya hanya 3 kilometer dari Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel  M Yasin Toyib di sela-sela peninjuan operasional terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor, Senin (10/12) siang  mrngatakan akan ada pembangunan ruas jalan baru.

“Kita akan buat master plan, DED, pembebasan pahan, dan secara prinsip Kementerian PUPR sudah menyetujui untuk membangunya, rencananya kita akan buat jalan baru dari jalan Ahmad Yani ke  Bandara dengan panjang 3 kilomenter,” ucapnya.

Diutarakannya, jalan tersebut akan dibangun dengan menyisipkan ikon-ikon ciri khas Kalimantan Selatan. Menurut Yasin, pembangunan jalan tersebut tidak mengubah fungsi jalan utama yang selama ini dibangun Pemprov, justru menambah opsi jalan serta memudahkan masyarakat menuju bandara.

Yasin juga mengatakan, pengerjaan akses jalan utama menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor telah selesai sesuai target. Sehingga sudah dapat digunakan untuk jalan menuju bandara. Pihaknya juga akan melanjutkan pengerjaan pada tahun mendatang.

Selain jalan akses menuju bandara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga menyiapkan 3 Bus Rapid Transit yang merupakan hibah dari Kemenhub untuk mendukung operasional Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Sekretaris Dishub Kalsel Mirhansyah mengatakan, 3 bus tayo itu akan melewati jalur dari Terminal A Gambut ke jalan Gubernur Syarkawi kemudian ke terminal bandara. “Saat ini masih dalam tahap uji coba operasional rute baru, sembari menyiapkan dokumen operasional bus,” katannya.

Tidak hanya sampai di situ, guna menyokong operasional bandara, Pemprov Kalsel melalui Dinas Perhubungan  juga menyuntik anggaran untuk pembangunan fasilitas keselamatan (faskes)  jalan umum.

Dirinya mengatakan, melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD)  perubahan 2019 dialokasikan beberapa kegiatan pembangunan penunjang akses bandara yang melewati jalan baru tersebut sebesar Rp. 5 miliar.

Menurutnya,pada tahun ini ada sebanyak 58 buah Penerangan Jalan Umum (PJU) yang sedang dilaksanakan di akses menuju Bandara Syamsudin Noor.

Selain PJU, Dishub juga membantu untuk pemasangan Rambu sebanyak 150 unit, dan Rppj sebanyak 16 unit, Warning 26 unit, Delineator sebanyak 306,  serta marka jalan untuk akses bandara 20 kilometer.

Disampaikanya, pada tahun 2020 mendatang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga akan membantu membangun PJU solar cell sebanyak 300 unit untuk akses bandara,  dari total 900 unit untuk Kalsel. (syh/bdm)

 

 164 total views,  2 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.