Home / Ekonomi & Bisnis / Payung Hukum yang Tepat Meningkatkan Kesadaran dan Kewaspadaan dalam Mengkonsumsi Makanan

Payung Hukum yang Tepat Meningkatkan Kesadaran dan Kewaspadaan dalam Mengkonsumsi Makanan

Banjarmasin, mediaprospek.com–Tanggapan F PKS DPRD Prov Kalsel Terhadap Raperda Tentang Keamanan Pangan dan Raperda Tentang Pengelolaan Kebun Raya Banua yang disampaikan oleh H. Imam Kanapi, pada rapat sidang paripurna, Rabu, 20 Nopember 2019 lalu, di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, bahwa adanya payung hukum yang tepat, tentu dapat meningkatkan kesadaran serta kewapadaan peserta dalam mengkonsumsi makanan, terutama terkait dengan keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) dan mencegah kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.

Imam mengatakan bahwa Fraksi PKS mendukung adanya usulan ini dengan beberapa catatan agar pelaksanaan dari Raperda ini bisa berjalan dengan maksimal. “Fraksi PKS berharap agar kita juga memperhatikan dan melibatkan setiap petani, nelayan, pembudi daya ikan dan pelaku usaha di bidang pangan segar, supaya memenuhi persyaratan-persyaratan keamanan PSAT, terlebih dari segi sosialisasi dan pendampingan yang massif dan terpadu. Kami juga mengusulkan agar pelaksanaan keamanan pangan ini bisa bekerjasama dengan Lembaga Berwenang, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk memberikan kepastian kehalalan produk pangan segar, agar Kalimantan Selatan yang relijius ini lebih bisa mendapatkan nilai lebih dari sekedar keamanan,” kata Imam.

“Fraksi PKS juga mendukung agar Raperda terhadap keberadaan sebuah Kebun Raya. Aspek manajemen kekinian dan penerapan teknologi informasi yang edukatif diharapkan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, agar masyarakat bisa menikmatinya dengan baik, kita juga harus bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas display dan sarana-sarana informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan pengunjung tentang tumbuhan, lingkungan dan kebun raya secara memadai,” ujar Imam. (Ais/Mzr/tabloidprospekbanjarmasin)

 255 total views,  1 views today